Ulasan

Bertha Benz, Tokoh Dibalik Kesuksesan Mercedes-Benz

September lalu, tentunya menjadi momentum kebangkitan hak wanita di Arab Saudi, ketika Raja Salman telah menandatangani persetujuan untuk dibolehkannya wanita di Arab Saudi untuk memegang kemudi kendaraannya. Kepanitiaan telah dibentuk dan akan diaplikasikan pada Juni 2018 mendatang.

Bila kita tengok ke belakang, Bertha Benz, seorang wanita, mitra bisnis dan istri dari Karl Benz adalah orang pertama yang mengendarai kendaraan (mobil). Aktifitas pengendaraan tersebut tanpa diketahui suaminya, didampingi kedua anaknya, Bertha menempuh jarak sejauh 194 kilometer.

Perjalanan pergi – pulang dari Mannheim ke Pforzheim melalui Heidelberg tersebut menjadi tonggak bersejarah bagi pabrikan mobil azal Jerman, Mercedes-Benz. Karl Benz sendiri saat itu telah putus asa karena belum menemukan bahan bakar yang tepat.

Strategi pun dijalankan oleh Bertha, untuk membangkitkan semangat suaminya, yang kemudian Bertha menggunakan alkohol tanpa sengaja dan Benz Patent Model III dapat melaju. Kendaraan roda tiga tersebut memiliki spesifikasimesin satu silinder empat langkah yang mengeluarkan tenaga 0.75 tenaga kuda pada putaran 400 rpm.

Bertha pun membuat siasat matang, dan memastikan di perjalanannya berhenti di apotik sebagai sarana pengisian bahan bahar. Apotik pertama yang dikunjungi Bertha untuk mengisi alkohol di Wiesloch dijadikan sebagai SPBU pertama di dunia.

Perjalanan tersebut didokumentasikan hingga kini, jalur perjalanan Bertha dan putranya dijadikan salah satu wahana wisata.

Bertha sendiri merupakan keturunan bangsawan dengan nama Bertha Ringer kelahiran Pforzheim,  3 Mei 1849.

Facebook Comments

About the author

Redaksi Jagatberita

Add Comment

Click here to post a comment

Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com