Berita Headline Olahraga

Fakta – Fakta Menarik di Pertandingan Piala Presiden 2018

Jika dibandingkan perhelatan sebelumnya, banyak hal yang berbeda di perhelatan Piala Presiden 2018. Salah satunya tentang penyampaian informasi yang disampaikan panitia pertandingan di setiap kota penyelenggaraan penyisihan grup.
Seperti yang diketahui, sebelumnya, setiap panitia penyelenggara akan mengumumkan jumlah tiket yang terjual kepada publik sebelum pertandingan usai. Pengumuman itu biasanya disampaikan pada menit ke-75.
Pada perhelatan Piala Presiden 2018 ini, panitia penyelenggara juga wajib untuk menyampaikan jumlah tiket yang terjual, jumlah pendapatan maksimal dari tiket, jumlah pedagang asongan dan kaki lima di sekitar stadion. Untuk pedangan asongan dan kaki lima, cara mengukurnya, dihitung dalam radius 100 meter dari stadion.
 Pada partai pembuka misalnya. Laga yang mempertemukan Persib Bandung kontra Sriwijaya FC (16/01) itu mampu menarik minat banyak penonton hingga terjual tiket pertandingan mencapai 25.747 lembar. Lalu, dari jumlah itu, panitia mengantongi pendapatan mencapai Rp 1.356.900.000.
Sedangkan jumlah pedagang asongan yang ada di sekitar stadion mencapai 263 orang. Sementara untuk pedang kaki lima, mencapai 1041. Jika ditotal, ada 1304 pedagang di pertandingan yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).
“Dari awal kami memang menginginkan perhelatan turnamen Presiden 2018 kali ini transparan dan bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan. Harus ada data akurat yang bisa disampaikan ke publik,” jelas Ketua Steering Committee (SC), Maruarar Sirait.
Hal yang sama juga ditunjukkan panitia pertandingan di Malang, Jawa Timur. Saat dilangsungkan pertandingan Arema FC versus Persela Lamongan (20/01), panpel mengantongi  pendapatan mencapai Rp 498.350.000. Angka itu didapatkan dari 19.930 tiket yang terjual.
Kemudian, ada 165 pedagang kaki lima dan 246 pedagang asongan yang berada di sekitar stadion Gajayana, Malang. “Sepakbola harus bisa menumbuhkan dan menggerakkan ekonomi masyarakat,” pungkas Maruarar.
Facebook Comments
Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com