Liputan Khusus Ulasan

Sang Oplet Tergilaz Zaman

Ingat film yang mengangkat latar belakang budaya betawi, Si Doel Anak Sekolahan ? . Ya, salah satu bagian yang tidak lepas dari Film tersebut adalah Oplet. Moda angkutan massal yang sangat populer di masa itu. Moda transportasi yang pernah hilir mudik dijalanan Jakarta ini memang menjadi “barang mewah” saat ini karena populasinya bisa dihitung dengan Jari.

Salah satu yang masih terawat hingga ini kini adalah Oplet yang berkelahiran 1935 jurusan Mester – Kote (Mester/ Jatinegara – Kote/ Kota) milik Salim, pria paruh baya yang merupakan anggota PPMKI. Berkelir dengan dominasi merah ini masih terjaga orisinalitasnya seperti bemper, speedometer, dinamo wiper dan kaki – kaki serta pelek.

Pengusaha mikrolet ini memang sangat hobi dengan mobil kuno. sederet mobil kuno terparkir di pool mikroletnya, daerah Buarah Jakarta Timur. Sebut saja beberapa merk seperti Morris, Opel, hingga Stude Baker yang terawat hingga kini dan masih bisa mengaspal di teriknya Jakarta.

Proses Repro yang dilakukan pria ramah ini terlihat di beberapa bagian seperti list jendela dan pengecatan ulang. Mesin pun masih terjaga dengan kapasitas 4 silinder dan 800 CC

 

Facebook Comments
Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com