Berita Headline Liputan Khusus Olahraga

Stadion Mini Disporasu Medan, Siap Gelar Turnamen Nasional Liga Pekerja Indonesia (Lipesia) Zona Sumetera Utara

Stadion Mini Disporasu, Jl Pancing Medan. Siap Gelar Turnamen Nasional Liga Pekerja Indonesia ( Lipesia) Zona Sumatera Utara 2018. Liga ini akan kick-off pada 25 Januari esok. Sembilan tim dari sembilan perusahaan swasta, BUMN, dan BUMD siap meramaikan Liga yang di peruntukan untuk para pekerja,

Ketua Panpel Liga Pekerja Indonesia Zona Sumut Ferianto SH didampingi Sekretaris Arianto SPd MPd, dan Bendahara Ibrahim Putra Lubis menjelaskan sembilan tim yang bertanding dibagi menjadi dua grup. Juara dan runner-up masing-masing grup melaju ke semifinal.

“Untuk Grup A akan bersaing lima tim, yakni Bank Sumut, Wiraland, PTPN II, KIM Persero, dan Bank BRI,” ujar Ferianto usai acara technical meeting di Aula Kantor PTPN III, Jl Sei Batanghari Medan, Kamis (11/1).

Lebih lanjut Ferianto menjelaskan, Grup B diisi empat tim, yakni PTPN III, Tirtanadi, PTPN IV, dan Bank Mandiri. “Liga memperebutkan Piala Gubsu ini dijadwalkan berlangsung hingga 4 Februari dan tim juara melaju ke babak Regional,” jelasnya.

Ditambahkan, sebenarnya jumlah peserta di setiap provinsi maksimal 16 tim. Namun untuk tahun pertama ini, Zona Sumut baru sembilan tim yang siap. Tim juara provinsi akan bertanding di 6 Zona Regional yang dibagi 8 grup. Para juara grup berhak melaju ke babak 8 Besar Nasional.

“Untul partai final Nasional dijadwalkan digelar 1 Mei 2018 yang merupakan Hari Buruh atau May Day. Kita harapkan seluruh tim peserta yang bertanding dapat menjunjung sportivitas sehingga liga ini dapat berjalan sukses,” tambah Arianto.

Bidang Kompetisi dan Pertandingan Liga Pekerja Indonesia Zona Sumut, Drs M Syarif, menyebutkan untuk menambah kualitas pertandingan, setiap tim dalam liga ini diperkenankan menggunakan marquee player.

“Marquee player bisa mantan pemain tim nasional, mantan pemain Liga 1 dan Liga 2 yang sedang tidak memperkuat klub profesional. Dengan begitu, kita harapkan setiap pertandingan dalam liga ini dapat lebih berkualitas,” ucapnya.

Ditambahkan M Syarif, pemain Liga Pekerja ini harus berstatus karyawan dan memiliki kartu BPJS Ketenagakerjaan, ID Card, dan KTP. “Karena ini liga pekerja, kita harapkan pemain yang diturunkan merupakan karyawan di masing-masing perusahaan,” tambahnya.

Pelatih Bank Mandiri Sugiar menyambut baik Liga Pekerja Indonesia dan diharapkan ajang ini dapat merangsang perusahaan-perusahaan swasta, BUMN, maupun BUMD untuk mempekerjakan para pemain sepakbola.

“Bank Mandiri sendiri siap mengikuti liga ini. Tidak ada target yang diusung, karena terpenting kita berpartisipasi dulu. Dengan persiapan tim yang sudah dilakukan, mudah-mudahan tim mampu bersaing,” ucap mantan kiper PSMS ini.

Hal senada dikatakan Asisten Pelatih Bank Sumut Riki Hamdani. Dia mengaku timnya sudah siap bertanding. “Target kita juara dan bisa bertanding di tingkat Nasional. Apalagi tim kami selama ini memang rutin menggelar latihan,” ucap Riki.

Seperti diketahui, Liga Pekerja Indonesia merupakan gawean bareng Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) berkoordinasi dengan PSSI. Liga ini digelar di 34 provinsi di Tanah Air.

Facebook Comments
Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com