Berita Headline Olahraga

Universary Cup UMS Ke-113 Tahun

Jakarta, Union Makes Strange (UMS) meyarakan hari jadinya yang ke 113 tahun. Berdiri sejak jaman Belanda pada 15 Desember 1905, menjadikan UMS sebuah legenda sepak bola tanah air. Dahulu klub tersebut bernama Tiong Hoa Hwee Koan Scholar’s Football Club atau Pa Hoa FC. Sesuai namanya, UMS merupakan klub yang diisi etnis Tionghoa.

Dalam perkembangannya, UMS tumbuh menjadi klub yang menakutkan di Jakarta dengan sebutan yang boleh dibilang ‘pabrik’ bakat-bakat pesepakbola etnis Tionghoa dan Indonesia (pribumi).

Pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya, patut disematkan untuk UMS, Timnas Indonesia, dan Persija Jakarta. UMS menjadi klub paling dominan penyalur pemain-pemain Persija dan Timnas mulai dari era 1930-an hingga 1970-an.

Tak bisa dipungkiri, Timnas dan Persija dihuni sejumlah pemain etnis Tionghoa dan Indonesia jebolan UMS. Etnis Tionghoa dan Indonesia jebolan UMS berperan besar dalam kejayaan Persija dan Timnas ketika itu.

Untuk memperingati perayaan yang ke 113 tahun, para pengurus UMS yang di ketuai Selamet Japadi membuat turnamen usia muda dengan kategori – kategori usia, U-8, U-10, dan U12. Turnamen Universary UMS ini digelar sejak 15 Desember hingga 23 Desember kemarin.

Para perserta turmanen Universary UMS ini cukup atusias, terbukti dengan banyaknya para Sekolah Sepak Bola (SSB) yang ikut ambil bagian dalam turnamen ini. di U-8 ada 16 peserta, U-10 ada 21 peserta, U-12 ada 24 peserta.

Rudi Gunawan Gouw panpel turnamen ini mengatakan,” Kedepannya turnamen ini akan menjadi turnamen tahunan, yang berkatagori usia untuk menjadi agenda resmi Asosiasi Kota (Askot) PSSI provinsi DKI, yang berapiliasi sebagai play off ke kompetisi liga Topskor.

Keluar sebagai juara dalam turnamen ini adalah, untuk katagori U-8 juaranya SSB Jayakarata, katagori U-10 SSB Kemayoran FC 17 dan U-12 tahun juaranya SSB Emas Muara Angke. Sedangkan SSB UMS selaku tuan rumah U-8 dan U12, hanya mampu masuk 16 besar dan U-10 menjadi juara 3.

Berharap dari turnamen ini “Berharap para pemain menjadi lebih baik, berkarakter dan kedepannya para pemain bisa menjadi pemain yang bermain di club liga Indonesia ataupun Tim Nasional” Ucap Rudi Gunawan Gouw.

Facebook Comments
Facebook Auto Publish Powered By : XYZScripts.com