Twitter Down Pagi Ini, Pengguna Mengeluh Apakah Permasalahan Jaringan ?

Sumber : Google.com

JagatBerita.com- Aplikasi Twitter membuat kehebohan di Masyarakat pagi ini. Pasalnya salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar tersebut dikabarkan tidak dapat untuk diakses.

Laporan tentang Twitter Down mulai merangkak naik pada Kamis malam (26/8/2021) pukul 22.44 WIB. Kemudian kembali ramai pada Jumat pagi (27/8/2021) pukul 05.29 WIB.

Read More

Berdasarkan peta sebaran, laporan down pada media sosial itu terjadi di empat kota besar Indonesia yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Bali.

Masalah terbanyak dilaporkan terjadi di aplikasi Twitter versi Android 63 persen. Lalu, 31 persen bermasalah di desktop, dan 3 persen di perangkat iOS. Keadaan ini juga sempat dikeluhkan oleh beberapa pengguna yang memakai provider Indosat Ooredoo.

Sumber : Google.com

Awalnya keluhan Twitter Down ini dimulai sejak Kamis (26/8/2021) malam pukul 23.01. Laman Downdetector mencatat ada 13 laporan yang masuk terkait Twitter Down. Komplain Twitter Down ini terus berlanjut hingga Jumat (27/8/2021) pukul 09.46 WIB dengan 54 laporan. Puncaknya terjadi pada pukul 08.31 WIB, di mana laporan masuk mencapai 117.

Permasalahan jaringan kartu perdana menjadi salah satu penyebab munculnya laporan Twitter Down.  Bermula dari kebanyakan  mereka yang menanyakan apakah layanan Indosat Ooredoo memang sedang tidak bisa dipakai mengakses Twitter.  Adanya masalah ini, sempat membuat pelanggan Indosat Ooredoo merasa layanan Twitter Down. Namun setelah mencoba dengan layanan seluler atau WiFi ternyata situs tersebut masih dapat diakses.

Beberapa Keluhan tersebut diceritakan oleh pengguna Indosat melalui cuitan Twitter.

“Min indosat blokir twitter apa gimana? masa pake kartu lain lancar jaya giliran indosat muter doang dari semalem @IndosatCare,” tulis akun @dnohyu.

Baca Juga :   Kota Batu Malang Di Terjang Banjir Bandang, BPDB Data Korban

“Aku kira twitter nge down, ternyata indosat bermasalah gak bisa buka twitter tapi aplikasi lain lancar,” tutur akun @longliveszl.

Berdasarkan keluhan tersebut layanan Indosat melalui akun customer service IndosatCare mencoba membalas keluhan Twitter Down dari penggunanya, berikut balasannya :

“Hai kak, mohon maaf atas ketidaknyamanannya terkait tidak bisa akses aplikasi Twitter. Saat ini terjadi kendala akses Twitter secara global, silakan dapat dicoba kembali secara berkala. Thanks^Marsha,” kata akun Twitter Indosat Care. Dikutip dari suara.com.

Sumber : Google.com

Permasalahan  Twitter Down memang terkadang dapat terjadi, beberapa penyebab aplikasi tersebut dapat Down seperti  terjadi permasalahan dengan teknisi twitter seperti yang pernah terjadi di tahun 2019, dikutip dari CNBC Indonesia melalui akun resminya Twitter dan TweetDeck kala itu sedang mengalami pemadaman, sehingga  pengguna kemungkinan akan kesulitan untuk tweeting, mendapat notifikasi atau melihat pesan masuk.

Pada tahun 2020 keadaan Twitter Down juga terjadi, melalui akun resminya Twitter menjabarkan bahwa terjadi permasalahan internal sehingga sedang dilakukan perbaikan.

Twitter down dialami oleh banyak pengguna, dan kami sedang berusaha memperbaikinya kembali untuk semua orang. Kami mengalami beberapa masalah dengan sistem internal, dan kami tidak memiliki bukti adanya pelanggaran keamanan atau peretasan,” jelas akun Twitter Support di Twitter, dikutip dari Liputan6 pada artikel 16 Oktober 2020.

Permasalahan seperti yang terjadi pagi tadi kemungkinan tidak bersal dari pihat Twitter, malainkan dari pengguna kartu perdana Indosat,  sehingga tidak dapat melakukan akses ke aplikasi tersebut.

Related posts