Profil dan Perjalanan Karir Michael Jackson, Sang Bintang Pop Dunia

Sumber : Google.com

JagatBerita.com- Michael Joseph Jackson atau lebih dikenal dengan nama Michael Jackson, lahir di Gary, Indiana, Amerika, 29 Agustus 1958. Selain dikenal sebagai penyanyi R&B, penulis lagu dan juga aktor, Jacko juga menjadi ‘icon’ break dance dunia yang memiliki gaya dan dandanan khas.

Micheal sudah menekuni dunia musik sejak berusia 5 tahun. Michael pertama kali bergabung dalam grup musik The Jackson 5 yang ia gawangi bersama saudara-saudaranya. Grup tersebut terdiri dari Michael, Jackie, Tito, Jermaine dan Marlon.

Read More

Pada 1968, Jackson 5 menjalin kerja sama dengan produser rekaman Motown Records. Mereka pun pindah ke California dan merilis single “I Want You Back”. Kemudian, band tersebut juga meluncurkan album ABC dan I’ll Be There. Beberapa lagu mereka pun sukses menduduki puncak tangga top Amerika Serikat.

Pada 1975, Jackson 5 beralih ke rumah produksi Epic Records. Mereka juga mengganti namanya menjadi “Jacksons”.

Empat tahun setelahnya, Michael Jackson meluncurkan album solo bertajuk Off the Wall. Kemudian pada 1982, namanya semakin melejit lewat album solo keduanya yang berjudul Thriller. “Beat It”, “Thriller” dan “Billie Jane” menjadi lagu paling populer dalam album tersebut.

Sumber : Google.com

Pada 1983, Michael memperkenalkan gerakan moonwalk pada seluruh dunia. Dirinya melakukan gerakan tersebut ketika menyanyikan lagu “Billie Jane” saat konser Motown 25: Yesterday, Today, Forever.

Semasa muda, Jacko memiliki kulit coklat, namun sejak awal tahun 1980-an, kulitnya tampak semakin putih. Perubahan warna kulit ini memancing pertanyaan media dan memunculkan rumor-rumor, di antaranya rumor yang mengatakan bahwa Jackson sengaja memutihkan kulitnya. Namun menurut biografi yang ditulis oleh J. Randy Taraborrelli pada tahun 1986, Jackson didiagnosis menderita vitiligo dan lupus; penyakit vitiligo membuat kulitnya terlihat putih di beberapa bagian.

Baca Juga :   Menyingkap Aplikasi Nonton TV Gratis Di Indonesia

Kedua penyakit ini mengakibatkan Jackson sensitif terhadap sinar matahari. Perawatan yang diberikan kepada Jackson untuk penyakitnya tersebut turut mengakibatnya kulitnya semakin memutih. Selain perubahan pada warna kulit, ia juga diketahui melakukan operasi plastik pada bagian hidung, jidat, bibir, dan tulang pipi.

Pada 1985, Michael melucurkan single “We Are the World” untuk membantu rakyat yang kelaparan dan sakit di benua Afrika. Seluruh keuntungan dari single tersebut disumbangkan untuk Africa Foundation. Pada 2009, Michael Jackson berencana untuk menggelar konser “This Is It Michael Jackson”, yang merupakan konser terakhirnya sebelum meninggal dunia.

Sumber : Google.com

Jacko sempat ‘menjauh’ dari publikasi dan mengalami masa di mana karirnya semakin terpuruk. Namun demikian ia tetap melegenda di dunia pop. Dia pun bermaksud kembali menggelar konsernya. Rencana comeback ini akan dimulai dengan konser 30 hari di arena O2 London, Inggris. Sayangnya, rencana Jacko untuk menggelar konsernya terpaksa harus kandas. Kamis, 25 Juni 2009, Jacko menghembuskan nafasnya yang terakhir karena serangan jantung yang fatal.

Sebelumnya, Raja Pop ini sempat tak sadarkan diri di mansionnya di kawasan Holmby Hills, Los Angeles. Segera ia dilarikan ke rumah sakit. Petugas medis berupaya keras memberikan pertolongan dan berusaha agar ia tetap hidup. Mereka melakukan berbagai bantuan pernafasan, namun sayangnya Michael tidak beraksi sama sekali.

Jacko meninggal di usia ke-50 dengan ditemani para anggota keluarga termasuk ibu dan saudara laki-lakinya yang terus berada di samping tempat tidurnya. Michael meninggalkan tiga orang anak, Prince Michael (12), Paris (10), dan Prince Michael II (10).

 

Related posts