Jadikan Bitcoin Sebagai Alat Pembayaran, Bukele Tuai Kritikan

Nayeb Bukele Umumkan Bitcoin Alat pembayaran sah

Jagatberita.com – Bitcoin akhirnya digunakan El Salvador sebagai alat pembayaran yang sah. El Salvador menjadi Negara pertama dalam sejarah yang menggunakan Bitcoin sebagai mata uang yang sah.

Presiden El Salvador  Nayib Bukele mengumumkan penetapan Bitcoin sebagai mata uang Negara yang sah pada senin(6/9/2021). Pemerintah mengkonfirmasi telah membeli 400 Bitcoin yang nilainya setara dengan 21 juta ddolar AS.

Read More
Profil Presiden El Salvador Nayeb Bukele (jagatberita.com)

yang Anadolu Agency, melansir bahwa pengumuman penggunaan Bitcoin sebagai mata uang sah di negaranya dilakukan oleh Bukele menandakan keseriusan bukele menjadikan mata uang digital sebagai mata uang  resmi negaranya.

Pemerintah El Salvador juga mengalokasikan dana sebesar 150 juta dolar AS untuk mendukung konversi bitcoin ke dolar AS.

Pemerintah juga telah membangun 200 ATM dengan Bitcoin dan Dolar AS diseluruh Negeri. Seluruh warga EL Salvador dapat dengan mudah mengunduh dompet digital pemerintah yaitu Chivo, untuk menerima 30 dolar AS dalam bentuk Bitcoin.

Kebijakan ini diambil Bukele dengan pertimbangan bahwa penetapan Bitcoin sebagai alat pembayaran resmi akan menguntungkan mereka yang bekerja di luar negeri. Mereka yang berada di luar negeri akan bisa menghemat biaya tambahan saat melakukan transaksi remitansi atau pengiriman uang ke luar negeri.

Sebelum penetapan ini pihaknya telah melakukan jajak pendapat dari masyarakat El Salvador. Namun sebagian masyarakatnya menunjukkan sikap skeptic atas penetapan Bitcoin  sebagai alat pembayaran yang sah. Mereka bahkan khawatir penggunaan bitcoin bisa mengurangi pendapatan mereka.

Badan keuangan dunia seperti Bank Dunia dan IMF juga telah memperingatkan pemerintah El Salvador tentang penggunaan Crypto currency ini.

Baca Juga :   Viral Burung Pipit Berjatuhan, Di duga Akibat Perubahan Cuaca

Beberapa pengamat menyebutkan bahwa isu pengalihan mata uang ini hanyalah pengalihan isu yang dilakukan pemerinah El Salvador. Karena banyak kritikan yang datang dari rakyat atas tindakan otoriter pemerintah.

Rakyat menyebutkan pemerintah sayap kanan yang telah berkuasa sejak 2019 itu telah banyak melakukan tindakan kesewenang-wenangan terhadap rakyat. Rezim Bukele dianggap Otoriter oleh sebagian masyarakat.

Pemerintahan Bukele telah melakukan pemecatan terhadap lima hakim agung setelah pengadilan El Salvador memutuskan kekuasaan darurat oleh presiden selama pandemic tidak konstitusional.Bukele Beralasan bahwa pemecatan itu dilakukan untuk memperbaiki kondisi Negara.

 

Related posts