BPDB DKI Himbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem

Jagatberita.com – Cuaca Ekstrem memang sedang terjadi di Indonesia. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk sepekan ke depan.

Hal ini disampaikan secara resmi di akun Instagram resmi BPBD DKI Jakarta. BPDB DKI memberikan himbauan kepada masyarakat untuk terus waspada. Terutama antara 31 Oktober 2021 hingga 6 November 2021.

Read More

“Waspada cuaca ekstrem sepekan ke depan di DKI Jakarta, durasi 31 Oktober 2021 sampai dengan 06 November 2021,” tulis BPBD DKI.

Peringatan cuaca ekstrem tersebut merupakan hasil analisis kondisi dinamika atmosfer terkini yang menunjukan adanya belokan dan perlambatan angin. Pelambatan angin ini disebut bisa meningkatkan pola konvektifitas dan diprediksi akan mengaktifkan fenomena gelombang rossby dan gelombang kelvin yang dapat meningkatkan pertumbuhan awan hujan.

“Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) memprakirakan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” kata BPBD.

Untuk itu masyarakat diminta agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem yang bisa menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang.

“Warga diimbau untuk meningkatkan kesiapsiagaan, salah satunya dengan membaca buku saku “Panduan Kesiapsiagaan Menghadapi Banjir bagi Masyarakat” melalui tautan http://tiny.cc/bukusakusiagabanjir,” tulis BPBD. Warga Jakarta juga diminta menghubungi call center 112 jika menemukan kondisi darurat akibat bencana yang disebabkan cuaca ekstrem.

Di harapkan dengan himbauan ini masyarakat bisa selalu waspada dalam berbagai situasi.

Baca Juga :   HOAX BERITA SINTA NURIYAH MENINGGAL, KELUARGA MENGONFIRMASI “IBU SEHAT”

Related posts