Perlunya Menjaga Gaya Hidup Supaya Terhindar Dari Gagal Jantung

Jagatberita.com – Banyak penduduk Indonesia yang rentan terkena penyakit gagal jantung. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Tak Tua Tak Muda, semua orang bisa saja kena.

Kita perlu melakukan tindakan pencegahan untuk menghindarinya. Bagaimana caranya? Salah satunya adalah menerapkan gaya hidup sehat.

Read More

Kami merangkum tips agar terhindar dari penyakit ini dari beberapa sumber, antara lain:

1.Menjaga Berat Badan Ideal

Kelebihan berat badan atau obesitas bisa menjadi faktor pemicu gagal Jantung. Kelebihan berat badan memicu tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, dan kolesterol tinggi yang mengarah pada risiko terkena penyakit jantung. Maka dari itu, anda perlu menjaga berat badan agar tetap ideal.

Untuk mengetahui kerentanan terkena penyakit jantung bisa dengan cara mengukur lingkar pinggang anda. Bila lingkar perut lebih dari 80 cm untuk perempuan dan 90 cm untuk laki-laki bisa dikatakan anda cukup rentan terhadap penyakit ini.

Turunkan berat badan sekitar 3-5% sebagai upaya menurunkan gula darah (glukosa), risiko diabetes tipe 2, dan lemak darah (trigliserida). Penurunan berat badan agar lebih ideal dapat membantu menurunkan tekanan darah yang menjadi pemicu masalah jantung.

2.Konsumsi Makanan & Minuman Sehat

Pola hidup sehat bisa mencegah Anda terkena penyakit jantung! Pola hidup sehat ini bisa diterapkan dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, ikan, daging tanpa lemak, gandum utuh, susu rendah lemak dan makanan mengandung lemak baik.

Mulai sekarang batasilah konsumsi garam dan lemak jahat. Untuk minuman, sebaiknya hindari minuman kemasan dan alkohol agar jantung Anda tetap sehat dan berfungsi secara optimal.

Baca Juga :   Tiga Olahraga Murah Dan Sederhana Yang Bakal Bikin Tubuh Sehat Dan Ideal

3.Bergerak dan Olahraga

Kurangnya bergerak membuat tubuh kita bisa mengalami gangguan metabolisme. Bisa menjadikan banyaknya penumpukan lemak di dalam tubuh termasuk jantung. Akhirnya melemahkan juga kinerja jantung kita. Maka kita perlu aktif bergerak jika mampu lakukanlah olahraga. Agar tubuh menjadi sehat.

Anda bisa melakukan berbagai macam aktivitas fisik rutin untuk menurunkan risiko terkena gagal jantung. Lakukan aktivitas fisik setidaknya 150 menit untuk intensitas sedang, 75 menit untuk intensitas tinggi, dan latihan kekuatan dua kali per minggu.

4.Jauhi Rokok

Tembakau dalam rokok memiliki zat yang dapat merusak pembuluh darah dan jantung. Rokok juga bisa menurunkan kadar oksigen dalam darah sehingga membuat jantung bekerja lebih keras untuk mensuplai keperluan oksigen ke seluruh tubuh. Bila ingin menurunkan risiko terkena penyakit jantung, segera berhentilah merokok!

5.Istirahat Cukup dan Manajemen Stres

Kurangnya istirahat dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit berbahaya seperti depresi, gagal jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Oleh karena itu, penuhi waktu istirahat dengan tidur selama 6-8 jam setiap malam.

Dengan memperbaiki pola hidup anda menjadi pola hidup yang lebih sehat setidaknya akan mengurangi tubuh anda terkena penyakit berat. Seharusnya kita memang mengupayakan kesehatan kita agar kualitas kehidupan kita juga lebih baik, setidaknya tidak banyak mengeluarkan biaya untuk pengobatan kita.

Kesehatan juga membuat kita lebih produktif dan bersemangat dibanding saat kita sakit. Kita juga akan dapat memiliki waktu lebih banyak untuk menjalani kehidupan bersama keluarga, tentunya sehat akan sangat bermanfaat untuk kita semua.

Related posts