Gempa M 5,9 Maluku Rusak Beberapa Bangunan Termasuk Fasilitas Umum

Jagatberita.com – Gempa bumi berkekuatan Magnitudi 5,9 terjadi di Kabupaten Maluku Tengah, Kamis (4/11). Gempa ini membuat banyak kerusakan bangunan di tengah masyarakat.

Lokasi gempa di Maluku Tengah berada pada 2.81 Lintang Selatan, 129,34 Bujur Timur Laut Maluku Tengah.
Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tengah, sebanyak 26 rumah rusak. Menurut data yang di dapatkan sekitar 19 rumah di Desa Sawai, 2 unit rumah di Desa Olong, 2 unit rumah di Desa Besi dan 3 bangunan rumah di Desa Masihulan.

Read More

Namun, tim BPBD belum berhasil mengidentifikasi total bangunan rumah warga yang rusak, dan bagaimana kerusakannya. Apakah ringan atau sedang? Pasalnya menurut warga kebanyakan rumah yang mengalami keretakan.

“Untuk kerusakan dengan kategori ringan dan sedang belum teridentifikasi lengkap oleh tim,” demikian dikutip dari keterangan resmi BPBD Maluku Tengah, Kamis pada pukul 09.42 WIB.

Selain rumah, juga terjadi kerusakan pada bangunan fasilitas umum seperti masjid dan gedung sekolah. Dinding-dinding fasilitas pendidikan dan rumah ibadah sempat retak di Desa Sawai Kecamatan Seram Utara, Kabupaten Maluku Tengah.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengumumkan kesiagaan terjadinya gempa bumi. Syukurnya gempa ini tidak mengakibatkan adanya tsunami.

“Gempa kedalaman 10 km tidak berpotensi tsunami,”demikian keterangan BMKG di laman resminya.

Baca Juga :   Budi Darma Berpulang Akibat Terpapar Covid, Siapakah Sosok Sastrawan Tersebut ?

Related posts