4 Aplikasi Lowongan Kerja Terpercaya Di Indonesia

Jagatberita.com – Di era yang serba praktis saat ini banyak hal yang bisa diakses dengan cepat tanpa dibatasi oleh dinding pemisah yakni ruang dan waktu, salah satunya ialah informasi seputar pekerjaan. Kepraktisan tersebut lahir seiring dengan Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Cukup dengan berbekal smartphone yang dimiliki, masyarakat dapat mengakses situs-situs bahkan mengunduh aplikasi seputar lowongan pekerjaan. Situs dan aplikasi tersebut memudahkan para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan dan kemampuannya.

Walaupun Indonesia tidak terjaring ke dalam golongan negara yang menghasilkan lulusan sarjana terbanyak di perguruan tinggi, namun saat ini para sarjana dari berbagai jurusan maupun non sarjana tengah bersikeras untuk mendapatkan pekerjaan yang diidamkan. Kanada merupakan negara penghasil lulusan sarjana terbanyak di dunia. Para pencari kerja tersebut memerlukan media yang menampung segala jenis pekerjaan untuk dapat menghimpun informasi-informasi seputar lowongan pekerjaan. Namun saking banyaknya papan iklan (board job) diberbagai media yang tidak dihimpun dengan teratur, maka para pencari kerja cukup sulit dan menjadi bingung.

Maka dari itu banyak aplikasi yang mampu mewadahi para pencari kerja untuk menemukan pekerjaan yang diinginkannya. Para pencari kerja tersebut juga dapat bertukar informasi seputar pengalaman kerja di dalam fitur yang disediakan oleh aplikasi tersebut.

Berikut aplikasi lowongan kerja terpercaya di Indonesia:

  1. LinkedIn

LinkedIn merupakan sebuah platform jaringan profesional online terbesar di dunia dengan lebih dari 690 juta pengguna di 200 negara. Pada tahun 2016 microsoft resmi mengakuisisi LinkedIn. LinkedIn memberikan wadah bagi para pekerja untuk menuangkan segala pengalamannya di dalam profil pengguna. Hal ini disarankan untuk dilakukan karena nantinya aplikasi tersebut akan menyarankan pekerjaan yang cocok untuk pengguna tersebut sesuai dengan profil lengkapnya di LinkedIn. Tempat kerja yang membutuhkan karyawan juga dapat mengidentifikasi para pencari kerja yang cocok untuk dijadikan karyawan di perusahaannya.

Baca Juga :   Setelah Lebaran Harga Telur Ayam Masih Mahal, Ternyata Ini Penyebabnya

 

Kelebihan dari aplikasi LinkedIn ini ialah dapat diakses baik di website maupun dengan mengunduh aplikasinya. Selain itu pengguna dapat mengatur mode sedang mencari pekerjaan atau tidak. Tampilan LinkedIn juga sangat elegan layaknya media sosial dengan wajah profesional.

 

Kelebihan lainnya antara pelamar dan perekrut pekerjaan ialah, para perekrut pekerja dapat melihat koneksi yang dimiliki oleh pelamar kerja di dalam LinkedIn ini. Adapun demikian, para pelamar juuga dapat menjelajahi perkembangan dari perusahaan yang diincarnya tersebut. Sehingga dalam hal ini tidak ada informasi yang patut untuk disembunyikan, segala informasi bersifat terbuka dan resmi karena langsung diatur oleh tempat kerja dan pelamar itu sendiri. Hal inilah yang menjadikan aplikasi LinkedIn menjadi terpercata dan dapat menguntungkan kedua pihak dalam mengakses informasi seputar pekerjaan.

  1. Glints

Glints merupakan platform asal Singapura yang didedikasikan untuk para pencari kerja menemukan pekerjaan yang diimpikannya. Platform Glints ini juga dapat digunakan oleh orang-orang dari berbagai kalangan yang ingin mengembangkan profesionalitasnya. Hal ini dikarenakan Glints menyajikan lowongan pekerjaan, lowongan magang, fitur penyedia jasa rekomendasi dan konsultasi karir, serta berbagai fitur yang dapat digunakan untuk menjelajah bidang karir yang diminati. Adapun fitur penyedia jasa konsultasi dan rekomendasi karir dilakukan dalam bentuk live chat antara profesional bersama penggunanya.

Tampilan layar dalam platform Glints ini bernuansa milenial sehingga nyaman dan mudah untuk digunakan dalam mengeksplor pekerjaan. Bagi para pencari kerja yang masih berkeinginan untuk melatih kemampuannya terlebih dahulu sebelum masuk ke ranah pekerjaan, mereka juga bisa mendapatkan pelatihan sesuai dengan kemampuannya yang diinisiasi oleh Glints.

Keinginan para pencari kerja sangat bermacam-macam, ada yang menginginkan kerja remote, part-time, full time, freelance. Glints menyediakan empat kategori pekerjaan ini agar memudahkan para pencari kerja menemukan pekerjaannya.

  1. Indeed Job Search
Baca Juga :   Tempat Nonton Bola Gratis Tanpa Aplikasi

Indeed Job Search merupakan platform lowongan pekerjaan yang telah menjaring 250.000.000 juta pengguna di dunia. Indeed memberikan tempat bagi para pencari kerja untuk mengakses secara gratis berbagai lowongan pekerjaan, penyediaan pembuatan Curriculum Vitae (CV). Indeed dan afiliasinya dimiliki oleh perusahaan induk Jepang yang tergolong perusahaan publik yakni Recruit Holdings Co., Ltd.

Indeed memiliki karyawan yang berkomitmen atas kinerjanya yakni sejumlah 12.200 karyawan global. Pada awalnya Indeed Job Search hanya berupa website/situs pencari kerja, namun saat ini Indeed menyediakan aplikasi gratis yang dapat diunduh melalui Playstore ataupun Appstore para pengguna smartphone.

Tampilan aplikasi Indeed sangat nyaman untuk dilihat karena sederhana namun praktis. Aplikasi Indeed menyediakan berbagai jenis pekerjaan dan skala waktunya seperti part time, intern (magang), kontrak dan fulltime. Sehingga para pencari kerja dapat menemukan pekerjaan sesuai kebutuhan mereka.

  1. Kalibrr Job Search

Kalibrr Job Search merupakan aplikasi yang dapat merekomendasikan pekerjaan yang Anda butuhkan berdasarkan pengalaman, minat dan keahlian pengguna. Kalibrr juga menyediakan fitur untuk membuat resume yang bagus dalam durasi yang singkat.

Adapun cara untuk mencari kerja di Kalibrr Job Search:

  1. Pastikan Anda sudah menginstal aplikasi Kalibrr melalui Playstore/Appstore
  2. Anda akan diarahkan ke halaman job board dan melakukan filterisasi pekerjaan dengan beragam kriteria, yakni:
  3. Tempat (terhubung dengan maps yang tersedia di smartphone Anda)
  4. Tipe kerja
  5. Tingkat posisi jabatan
  6. Pendidikan
  7. Kategori kerja
  8. Nama perusahaan
  9. Gaji
  10. Respond fast
  11. Pilihlah pekerjaan yang Anda inginkan
  12. Kalibrr akan menampilkan kriteria job yang Anda pilih
  13. Terdapat beberapa langkah yang harus dilalui seperti resume, mobile number verification dan finish
  14. Anda harus memastikan profil sdah lengkap atau belum
  15. Lakukan verifikasi nomor handphone dan selesai
Baca Juga :   Proyek Penangkapan Karbon terus melonjak, Kritikus Anggap Pemborosan

 

Related posts