Rekomendasi Makan Malam Anti Gemuk, Atasi Masalah Kesehatan

Beberapa orang berpendapat makan malam merupakan ide buruk, terutama bagi yang menjalani diet. Banyak yang menghindari makan malam lantaran takut kegemukan atau perut buncit. Namun makan malam penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Berikut rekomendasi makan malam yang tidak mengakibatkan gemuk dan  bisa mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Kenapa Makan Malam Penting?

Makan malam merupakan salah satu waktu makan yang penting. Ada beberapa alasan yang membuat makan malam juga jadi cara menjaga kesehatan. Dalam hal ini, tentunya Anda juga harus mengikuti rekomendasi menu makan malam sehat. Berikut beberapa alasan penting yang perlu diketahui.

1. Menjaga Metabolisme Tubuh

Metabolisme merupakan proses penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan adanya metabolisme, makanan yang kita konsumsi akan diubah menjadi energi. Makan malam merupakan salah satu cara untuk menjaga metabolisme tubuh. Dengan makan malam dalam porsi seimbang, Anda bisa tetap bersemangat untuk memulai aktivitas di pagi hari.

2. Menjaga Kualitas Tidur

Berangkat ke tempat tidur dengan perut kosong sering kali mengakibatkan masalah sulit tidur. Makan malam dengan menu sehat akan membantu menjaga kualitas tidur. Harus diingat bahwa kualitas tidur merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan.

3. Menjaga Kesesimbangan Berat Badan

Banyak yang berpendapat bahwa makan malam jadi penyebab kegemukan. Pendapat ini tidak sepenuhnya benar. Dengan aturan jadwal dan menu rekomendasi makan malam yang tepat justru dapat membantu menjaga keseimbangan berat badan.

4. Menjaga Asupan Gizi dan Nutrisi

Untuk menjaga tubuh tetap sehat, membutuhkan asupan nutrisi yang cukup setiap harinya. Apalagi bagi yang memiliki kesibukan dengan pekerjaan dan menguras energi sepanjang hari. Dengan makan malam secara teratur kebutuhan nutrisi tubuh seperti serat, kalsium, zat besi dan kebutuhan vitamin akan tetap terpenuhi.

Baca Juga :   Perlunya Menjaga Gaya Hidup Supaya Terhindar Dari Gagal Jantung

Rekomendasi Makan Malam Untuk Kurangi Berat Badan

Untuk menjaga berat badan,sebenarnya tidak harus meninggalkan makan malam. Bagi yang sedang melakukan program diet pengurusan, masih tetap bisa menikmati makan malam. Menu makan malam untuk program diet seperti ini memang harus lebih memperhatikan kandungan kalori dalam makanan.

Untuk menjaga tubuh tetap langsing saat makan malam hanya perlu mengkonsumsi menu dengan 300-400 kal. Cara ini dapat dilakukan bagi yang menjalankan diet ketat dan masih tetap ingin menikmati makan malam. Berikut rekomendasi makan malam low kalori yang bisa dipilih dikonsumsi tiap malam.

1. Sup Sayur

Sup adalah menu yang paling mudah dan bisa disesuaikan dengan selera. Anda bisa memilih sayur favorit untuk dimasak jadi menu makan malam yang lezat dalam bentuk sup. Selain itu, sup juga bagus untuk usus dan membantu menjaga hidrasi tubuh.

Menjalani diet penurunan berat badan tidak berarti berhenti menikmati makanan enak. Ada beberapa resep sup sayur lezat yang bisa jadi rekomendasi untuk menu makan malam bagi yang menjalani diet. Berikut beberapa rekomendasi sup sayur rendah kalori untuk program menjaga berat badan.

Sup Mie Ayam Wortel

Bahan sup ini cukup mudah pengolahannya dan bisa dijadikan menu makan malam lezat yang rendah kalori. Untuk satu porsi menu ini mengandung 225 kalori dan 4 gram lemak. Bahan-bahan yang diperlukan  sebagai berikut:

  • 3 buah wortel ukuran sedang
  • Dada ayam tanpa kulit di potong dadu
  • 56 gram mie
  • 3 batang daun seledri
  • 1 siung bawang putih
  • ½ bawang bombai
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

Sup Ayam Bok Choi Jamur

Sup sayur ini cocok untuk menu makan malam yang sehat dan rendah kalori. Bahan nya juga mudah ditemukan di pasar tradisional ataupun supermarket. Sup Ayam Bok Choi ini memiliki kadungan 257 kalori dan 11 gram lemak. Sup ini bisa jadi rekomendasi makan malam sehat. Bahan-bahan yang dibutuhan sebagai berikut:

  • 1/2 cangkir jamur shiitake kering atau jamur kancing
  • 450 gram Bok Choi (Baby Bok Choi)
  • 4 ons kecambah (jika suka)
  • 900 gram dada ayam tanpa kulit (potong dadu)
  • 1 sendok teh minyak canola
  • 1/2 bawang bombai
  • 3 siung bawang putih
  • Sekitar 10 cm jahe
  • 1 sendok teh merica
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok makan kecap asin
  • 4 lembar daun bawang (di potong-potong)
  • 4 lembar daun seledri (dipotong-potong)
  • Air 3 cangkir
Baca Juga :   4 Rekomendasi Body Lotion Untuk Mencerahkan Kulit

2. Nasi

Untuk orang Indonesia, makan tanpa nasi terasa kurang afdol. Tapi kandungan nasi putih yang jadi makanan pokok ini cukup tinggi, dalam 180 gram nasi putih itu mengandung 50 gram karbohidrat. Tentu ini akan jadi masalah bagi yang sedang menjalani program diet rendah karbo untuk pengurusan.

Tapi sebenarnya ada pilihan lain selain nasi putih yang bisa digunakan menu makan malam. Jenis nasi selain nasi putih ini juga bisa jadikan makanan pokok dengan berbagai lauk dan sayur lezat dan sehat. Berikut beberapa jenis nasi yang bagus untuk menurukan berat badan.

Brown Rice

Brown-Rice merupakan pilihan terbaik yang menjalani diet penurunan berat badan. Jenis beras ini mengandung sumber serat terbaik dan membantu meningkatkan metabolisme.  Brown-Rice juga mampu mempercepat proses penurunan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi semangkuk brown-rice sebagai rekomendasi menu makan malam. Menu ini bisa dipadukan dengan sayur dan lauk sehat lainnya.

Nasi Beras Merah

Beras merah bisa jadi pilihan untuk menu diet penurunan berat badan. Beras merah ini kaya antioksidan yang didapat dari anthocyanin pada warna merahnya. Beras merah juga mengandung serat larut dan tidak larut. Serat inilah yang membuat kenyang dalam waktu lama. Anda bisa memadukan nasi beras merah ini dengan lauk sehat lainnya seperti ikan panggang dan tumisan sayur.

Nasi Beras Hitam

Nasi beras hitam ini bagus untuk diet penurunan berat bada, selain itu juga lebih menyehatkan. Beras merah kaya akan seng, Vitamin B6, folat dan niasin. Beras merah juga membuat awet kenyang dan tinggi antioksidan. Anda bisa memadukan dengan sayuran dan lauk sehat sebagai menu makan malam.

Baca Juga :   Kasus Covid Anak Di Semarang Meningkat

Rekomendasi Makan Malam Untuk Masalah Kesehatan

Menu rekomendasi makan malam untuk yang mengalami masalah kesehatan bisa bervariasi tergantung dari sakit yang diderita. Berikut beberapa rekomendasi menu untuk penderita masalah kesehatan tertentu.

1. Menu Makan Makan Untuk Diabetes

Menjalani diet bagi penderita diabetes bukan berarti harus meninggalkan makanan enak. Kunci utama untuk penderita diabetes soal pilihan makanan adalah mengkonsumsi secukupnya saja. Selain itu juga harus menjaga keseimbangan antara protein, karbohidrat dan lemak.

Penderita diabetes sebaiknya juga lebih memperbanyak makanan berserat seperti sayur dan buah. Anda bisa mengkombinasikan beberapa menu untuk konsumsi makan malam agar tidak bosan. Berikut rekomendasi makan malam yang bisa dinikmati untuk penderita diabetes.

  • Semangkuk nasi merah, nasi hitam, Brown-Rise atau kentang
  • Tumis sayur, bisa sawi, bok choi, kangkung, kecambah dan lainnya
  • Omelet telur, tahu atau tempe goreng
  • Ayam atau ikan panggang
  • Salad buah tropical

2. Menu Makan Malam Untuk Penderita Jantung

Penderita jantung harus cukup berhati-hati dalam pilihan menu makanan. Untuk menjaga kesehatan jantung sebaiknya hindari mengkonsumsi makanan fast food, makanan yang digoreng, makanan kalengan, makanan olahan frozen food, daging merah, kue dan kukis.

Untuk bumbu sebisa mungkin hindari atau kurangi penggunaan mayonese, saus tomat atau kecap manis. Menu rekomendasi makan malam untuk penderita jantung sebenarnya hanya perlu memilih bahan yang lebih sehat. Anda bisa menggantikan nasi putih dengan nasi merah, nasi hitam atau kentang.

Bagi yang suka makan mie, pilih mie sayur untuk membuat masakan favorit. Untuk pengolahan, hindari masakan gorengan dengan lebih memilih steam dan tumisan. Lebih baik perbanyak makan buah dan sayur. Anda bisa melakukan variasi untuk setiap menu agar bisa mendapatkan makan malam yang menyenangkan.

Makan malam cukup penting sebagai bagian menjaga kesehatan. Jadi, tak perlu lagi menghindari makan malam lantaran takut gemuk atau alasan kesehatan. Semoga Rekomendasi makan malam sehat yang kami ulas di atas dapat membantu Anda menikmati makan malam yang menyenangkan dan sekaligus menyehatkan.

Related posts