Contoh Pidato Penerimaan Siswa Baru SMA

Jagatberita.com – Pendidikan merupakan salah satu bagian penting yang layak untuk didapatkan oleh setiap orang agar terciptanya kemajuan peradaban dan kualitas hidup bangsa. Pemerintah telah menetapkan wajib belajar 12 tahun dengan tujuan agar seluruh warganya menjadi insan yang cerdas dan berpendidikan. Adanya wajib belajar ini memberikan kesempatan kepada setiap anak untuk melanjutkan sekolah dari tingkat dasar ke sekolah menengah seperti sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Adanya penjaringan siswa oleh sekolah dilakukan dengan sistem seleksi online yang berkembang saat ini. Siswa pun berkesempatan untuk masuk ke sekolah menengah atas dengan melewati seleksi yang cukup ketat terlebih dahulu.

 

Beberapa SMA yang tergolong berkualitas, memiliki banyak peminat tergolong cukup sulit untuk masuk ke dalamnya karena melewati sistem nilai rapor ataupun tes. Banyak anak dan para orang tuanya mengidamkan untuk dapat melanjutkan pendidikan ke sekolah favorit dan unggul. Tetapi dalam penyelenggaraan seleksi penerimaan siswa baru, terdapat beberapa masalah. Masalah tersebut seperti, kesulitan pihak sekolah pada proses pendaftaran calon siswa baru SMA yakni dalam hal pengadaan formulir pendaftaran, selain itu calon siswa harus mengantri cukup lama saat melakukan registrasi di sekolah tersebut, lalu sering juga terjadi kecurangan saat berlangsungnya ujian tulis seleksi penerimaan siswa baru. Jika ditinjau masalah tersebut datang dari cara-cara konvensional yang masih diberlakukan untuk menjaring siswa baru SMA. Dari masalah tersebut, pemerintah memperbaharui sistem penerimaan siswa baru SMA dengan mengikuti perkembangan teknologi yang pesat saat ini.

 

Saat ini sistem penerimaan siswa baru telah berbasis web. Hal ini hampir sama seperti sistem penerimaan mahasiswa baru. Tetapi pada saat proses pendaftaran melalui web ini masih dibutuhkan bimbingan yang khusus dan bantuan sekolah untuk memasukkan data-data siswa SMP yang akan mendaftar ke SMA.

Baca Juga :   Hari Buku Nasional Diperingati Tanggal 17 Mei, Simak Sejarah Dan Kumpulan Ucapan Hari Buku Nasional

 

Mengawali tahun ajaran baru 2022/2023, Kepala Sekolah biasanya akan memberikan ucapan selamat dan arahan kepada siswa baru melalui pidato nya. Pidato sambutan disampaikan agar para siswa baru maupun siswa lama menjadi lebih terarah dalam menjalani perannya sebagai siswa di SMA serta mendapatkan motivasi semangat baru untuk belajar dan menerima ilmu dari guru-guru di sekolah.

Berikut merupakan contoh pidato penerimaan siswa baru Sekolah Menengah Atas (SMA) :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua

Yang saya hormati, Bapak Kepala sekolah SMAN 1 Siak

Yang saya hormati Bapak/Ibu guru yang telah membersamai acara hari ini serta seluruh rekan panitia penerimaan siswa baru tahun ajaran 2022/2023

Dan yang saya banggakan siswa siswi baru SMAN 1 Siak.

Puji syukur kita hadiratkan kepada Allah SWT yang telah memberikan berkah dan rahmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul dalam keadaan sehat di aula sekolah ini

 

Saya mengucapkan selamat atas terpilihnya Ananda semua menjadi bagian dari keluarga SMAN 1 Siak. Saya mengapresiasi proses Anda selama mengikuti seleksi penerimaan siswa baru yang dilakukan secara online, Anda adalah orang-orang terpilih dari ribuan orang yang mendaftar ke sekolah ini. Anda patut berbangga dengan pencapaian yang telah diraih, tetapi juga perlu rendah hati seperti menujunjung ilmu padi “semakin tinggi semakin merunduk”.

Semangat untuk ananda semua untuk mengikuti rangkaian acara Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) 2022 yang akan dibimbing oleh kakak-kakak kelas ananda.

Tujuan dari diselenggarakannya MPLS ialah untuk mengenal seluruh perangkat sekolah yang ada di SMAN 1 Siak ini dengan baik, mulai dari kepala sekolah, bapak ibu guru, ruangan kelas, kamar mandi, kantin, serta saling menjalin keakraban dengan teman sebaya.

Baca Juga :   Jadwal, Syarat Dan Cara Pendaftaran PPDB Jawa Barat 2022 Tahap 1 Dan 2 SMA-SMK

Jalinan pertemanan antar teman sebaya mesti dipupuk dari sekarang agar dapat terciptanya hubungan solidaritas yang baik antar satu sama lain.

Hari ini merupakan bagian dari hari pertama rangkaian acara MPLS yang akan dilaksanakan selama 3 hari ke depan.

Perihal jadwal kegiatan MPLS akan diarahkan oleh kakak pembina MPLS dan akan diperjelas lagi dengan poster yang berisi informasi pelaksanaan MPLS yang telah ditempel di papan pengumuman.  Saya berharap Semoga acara ini berlangsung dengan lancar sesuai dengan tujuan yang diinginkan tanpa adanya halangan apapun.

Tetap semangat dan tebarkan rona kebahagiaan dan kebermanfaatan

Sekian yang bisa saya sampaikan selaku ketua panitia penerimaan siswa baru SMAN 1 Siak. Mohon maaf apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan dihati ananda semua.

Wabillahi taufiq wal hidayah,

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 Demikianlah contoh pidato penerimaan siswa baru SMA, semoga bermanfaat.

Related posts