Contoh Sambutan Penerimaan Siswa Baru

Jagatberita.com – Pendidikan merupakan suatu sistem yang bersifat kompleks karena terdiri atas berbagai perangkat yang saling mengikat dan mempengaruhi secara internal yakni rangka input-proses-output pendidikan. Dalam perangkat tersebut terdiri atas masyarakat yang layak mendapatkan jaminan kuantitas dan kualitas pendidikan. Dengan adanya PASAL 31 UUD 1945 yang berisi “seluruh warga negara berhak untuk mendapatkan pendidikan”, maka pemerintah  melakukan upaya pemerataan pendidikan secara optimal di seluruh wilayah Indonesia. Kuantitas para siswa yang masuk ke salah satu jenjang pendidikan merupakan bentuk input bagi penyelenggaraan pendidikan di sekolah. Adapun wujud output ialah kuantitas dari proses penyelenggaraan pendidikan di sekolah itu sendiri.

 

Sedangkan kegiatan pembelajaran merupakan kuantitas output yang dapat menjamin kepastian dan kualitas seseorang. Seperti yang telah dipaparkan di atas bahwa siswa merupakan wujud input perangkat pendidikan di sekolah, maka dari itu proses penerimaan hingga penyambutan siswa ke sekolah perlu untuk diperhatikan. Penerimaan siswa baru ada dikenal dengan PSB merupakan proses adminisnistrasi yang dilakukan setiap pergantian tahun pendidikan yakni tepatnya setiap tahun untuk menjaring siswa-siswi berdasarkan tahapan seleksi berdasarkan nilai akademik ataupun prestasi untuk masuk ke jenjang sekolah berikutnya atau jenjang yang lebih tinggi.

 

Dalam proses penerimaan siswa baru secara online maupun manual, tidaklah semata hanya melakukan penjaringan terhadap siswa untuk diterima di sekolah. Tetapi lebih jauh daripada itu terkait penerimaan siswa baru juga harus mempertimbangkan dan memperhatikan kesempatan dan hak bagi seluruh siswa untuk memperoleh pendidikan yang layak. Maka dari itu proses penerimaan siswa baru perlu didukung langsung oleh regulasi-regulasi yang dapat menjadi pengarah dan pengawal dalam pelaksanaan penerimaan siswa baru. Regulasi yang dimaksud ialah dapat berbentuk peraturan daerah, peraturan menteri ataupun pedoman dan peraturan suatu sekolah.

Baca Juga :   Aturan Berpakaian Peserta UTBK SBMPTN 2022: Wajib Berpakaian Formal Dan Menggunakan Sepatu

 

Berikut ini contoh sambutan penerimaan siswa baru :

Assalamu ‘alaikum wr. wb.,

Selamat Pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Puji syukur kita hadiratkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga pada hari ini kita semua dapat berkumpul dengan sehat wal’afiat di aula SMP Tanjung Pura guna menyambut kedatangan siswa baru.

Saya selaku kepala sekolah SMP Tanjung Pura berkenan untuk menyampaikan selamat atas keberhasilan ananda semua, dikarenakan telah lulus dalam persaingan yang cukup ketat untuk meraih posisi siswa baru di sekolah ini.

 

Ananda semua adalah siswa siswi terpilih dan unggul. Tidak semua calon siswa yang memiliki minat untuk bersekolah di SMP Tanjung Pura ini dapat lulus dan berada diposisi Ananda saat ini. Kami selaku tim penyeleksi calon siswa baru telah menyeleksi ribuan file administrasi dan hasil tes online para siswa dengan murni. Saya berterimakasih kepada Ananda dan berkat dukungan orang tua yang telah memilih SMP Tanjung Pura sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan dasar.

Saya berharap semangat Ananda tidak pernah padam untuk belajar dan mengeksplor diri. Di sekolah ini telah disediakan fasilitas untuk menunjang progres pribadi Ananda ke arah kebaikan, yakni seperti fasilitas dalam kegiatan pembelajaran yang cukup lengkap serta kegiatan ekstrakurikuler yang akan membantu Ananda mengasah bakat dan minatnya masing-masing.

 

Saya dan rekan guru semuanya berharap Ananda dapat segera menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah dan mampu berkarya secara baik untuk dapat membanggakan diri Ananda sendiri, orang tua dan keluarga besar SMP Tanjung Pura.

 

Saya harapkan bahwa orientasi prestasi semakin menjadi warna utama dalam kegiatan kemahasiswaan ini. Para siswa baru angkatan tahun ajaran 2022/2023, saya percaya bahwa anda masuk ke SMP Tanjung Pura ini memiliki bekal tujuan tertentu, yang pastinya mengarah kepada cita-cita dimasa depan.

Baca Juga :   Hari Buku Nasional Diperingati Tanggal 17 Mei, Simak Sejarah Dan Kumpulan Ucapan Hari Buku Nasional

Maka dari itu saya berharap Ananda dapat belajar secara kreatif dan inovatif serta bersungguh-sungguh tanpa melanggar segala norma yang berlaku. Dengan akhlak dan niat yang baik, karya yang bermakna dapat diwujudkan dan terukur.

 

Para siswa baru angkatan tahun ajaran 2022/2023, kami telah merancang sebuah acara yang menjadii rutinitas setiap tahunnya dalam menyambut siswa baru yakni kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Kegiatan ini akan dipandu oleh kakak-kakak kelas kalian bagian dari OSIS SMP Tanjung Pura dan saya sendiri sebagai ketua pelakasana.

Melalui program ini Ananda akan diperkenalkan dengan sistem dan aturan yang terdapat di SMP Tanjung Pura. Program ini juga dimaksudkan untuk menciptakan keakraban yang harmonis antara siswa baru dan siswa lama serta dengan seluruh warga SMP Tanjung Pura. Kegiatan MPLS ini dilaksanakan dalam rangka memperkenalkan kegiatan akademik dan non akademik kepada siswa baru. Oleh karena itu kegiatan MPLS ini bukanlah berbentuk perpeloncoan yang dikenal selama ini, melainkan memiliki segudang kebermanfaatan bagi diri siswa SMP Tanjung Pura sendiri.

Saya berharap Ananda semua dapat mengerti dan tetap bersemangat untuk belajar di sekolah baru yakni SMP Tanjung Pura ini.

Sekian terimakasih, mohon maaf atas segala kesalahan.

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Demikianlah contoh sambutan penerimaan siswa baru, semoga dapat bermanfaat.

Related posts