Kegiatan MPLS SMP Islam 1 Ternate Resmi Dibuka Secara Tatap Muka

Jagatberita.com – Sejak terbitnya Peraturan Menteri Penddikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomo 18 Tahun 2016 mengenai Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru, istilah Mas Orientasi Siswa (MOS) diubah menjadi Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). MPLS merupakan kegiatan awal siswa ketika masuk sekolah. Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan MPLS tersebut ialah :

  1. Mengenalai potensi diri siswa

Hal ini dapat dilakukan pada saat MPLS dengan mengarahkan orang tua untuk mengisi formulir yang berisi biodata anaknya. Kegiatan lain yang dapat dilakukan ialah dengan diskusi konseling, pengenalan kegiatan ekstrakurikuler, dan melibatkan siswa dalam kegiatan diskusi

  1. Membantu siswa beradaptasi dengan lingkungan sekolah

Kegiatan yang dapat dilakukan ialah dengan pengenalan warga sekolah, pengenalan program sekolah, tata terbit sekolah. Dapat juga memberitahu fasilitas yang tersedia di sekolah, mengadakan kegiatan simulasi penanggulangan bencana, menginformasikan daerah rawan di sekitar sekolah serta memberitahu manfaat dan dampak teknologi saat ini.

  1. Meningkatkan motivasi dan cara belajar siswa baru

Kegiatan dalam rangka mnumbuhkan motivasi peserta didik ialah dapat dilakukan dengan aktivitas simulasi dalam penyelesaian suatu masalah. Lalu juga dapat dilaksanakan kegiatan pengenalan etika berkomunikasi untuk teman sebaya, dibawah umur dan orang yang lebih tua.

  1. Mengembangkan interaksi positif antara siswa dan warga sekolah

Kegiatan yang dapat dilakukan seperti pembiasaan salam, sapa, senyum, sopan dan santun. Pelaksanaan perlombaan antar kelas juga dapat dilakukan sehingga menumbuhkan solidaritas antar siswa.

  1. Menumbuhkan perilaku positif seperti kejujuran, saling menghargai, menghormati, kemandirian, kedisiplinan, etos kerja, hidup bersih dan sehat, gotong royong, dll.

Kegiatan yang dapat dilakukan bersama siswa seperti, beribadah keagamaan bersama, pengenalan pendidikan anti korupsi, cinta lingkungan hidup, dan cinta tanah air. Selain itu dapat dilakukan kegiatan kebanggaan terhadap keanekaragaman dan kebhinekaan, antara lain pengenalan suku dan agama, penggunaan pakaian adat di sekolah. Kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah juga dapat meningkatkan perilaku positif siswa terkait kepeduliaan akan lingkungan sekolah dan sekitar.

Baca Juga :   Contoh Pidato Penyambutan Siswa Baru

 

Pada hari Senin, tanggal 4 Juli 2022 kegiatan MPLS SMP 1 Kota Ternate tahun ajaran 2022/2023 resmi dibuka oleh Kepala Sekolah Wahda S. Umsoohy. Kepala Sekolah SMP 1 Islam Ternate tersebut mengatakan pelaksanaan kegiatan MPLS akan dilakukan secara luring atau tatap muka di sekolah tersebut. Dalam pelaksanaannya, kegiatan MPLS diawali pada pagi hari dengan melakukan Sholat Duha bersama dan diakhiri dengan kultum serta Sholat Dzuhur berjamaah.

Kegiatan MPLS yang dilakukan oleh SMP Islam 1 Kota Ternate memiliki tujuan untuk memperkenalkan siswa dan siswi dengan lingkungan sekolah serta perangkat sekolah. Selain itu kegiatan MPLS dapat mempererat hubungan silaturahmi antar siswa dan guru agar solidaritas serta kehangatan selalu terjaga. Dalam pidatonya kepala sekolah Wahda juga menyampaikan akan memulai kegiatan belajar-mengajar tahun ajaran 2022/2023 pada tanggal 18 Juli 2022.

Adapun kegiatan MPLS akan dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 7 Juni 2022 yang disampaikan langsung oleh Manton La Usma selaku ketua panitia kegiatan MPLS SMP Islam 1 Ternate.  Dari jumlah peserta calon siswa-siswi yang mengikuti MPLS di SMP Islam 1 Kota Ternate, sebanyak 268 terdiri dari  laki-laki 139 perempuan 128 orang yang di bagi 10 kelompok.

Kegiatan yang akan dilaksanakan pada saat MPLS ialah:

  1. Sholat Duha berjamaah
  2. Upacara bendera
  3. Dinamika kelompok
  4. Sholat Dzuhur berjmaah
  5. Kultum
  6. Study Tour (menjelajahi tempat bersejarah seperti Benteng Toloko, Benteng Fort Orange, Kedaton Sultan Ternate)
  7. Menyosialisasikan penyalahgunaan narkoba dari pihak BNN
  8. Memaparkan materi tata tertib berlalu lintas dari Direktur Lantas Polres Ternate
  9. Menjelaskan tentang kesehatan lingkungan dari Puskesmas Kalumpang
  10. Pengenalan cara belajar efektif dan kegiatan ekstrakurikuler
  11. Pemaparan materi tata tertib siswa dan wawasan wiyatamandala

 

Related posts