14 Aplikasi Belajar Mengaji, Lebih Mudah dan Gratis

pexels_thirdman

14 Aplikasi Belajar Mengaji, Lebih Mudah dan Gratis

Mengaji merupakan bagian dari ketaqwaan bagi seorang muslim. Kegiatan membaca Al-Quran ini bisa dilakukan anak-anak atau orang dewasa. Di zaman yang sudah modern ini, belajar mengaji bisa dilakukan dengan lebih mudah melalui aplikasi belajar mengaji.

Kini ada banyak pilihan yang bisa digunakan untuk belajar mengaji di smartphone. Berikut beberapa aplikasi belajar membaca Al-Quran yang bisa Anda gunakan.

Aplikasi Balajar Mengaji Untuk Dewasa

Belajar mengaji tidak terbatas usia. Bagi mualaf atau bagi yang baru termotivasi belajar mengaji di usia dewasa, saat ini ada banyak pilihan aplikasi belajar mengaji yang bisa digunakan. Berikut beberapa aplikasi belajar membaca Al-Quran untuk dewasa.

1. Mengaji Al Quran Indonesia

Aplikasi ini mudah digunakan dengan fitur bacaan Al Quran dalam format MP3. Terdapat 114  bacaan surah Al Quran tanpa ada batasan.Tampilannya juga lebih user friendly. Anda bisa download aplikasi belajar mengaji ini dengan mudah di Google Play Store.

Bacaan Al Quran bisa dilakukan dengan posisi portrait, bisa juga dengan posisi landscape. Jika Anda ingin belajar Al-Quran dengan artinya, bisa diputar juga surah dalam bentuk audio dengan bacaan dan terjemahannya.

2. Al Quran Bahasa Indonesia

Seperti namanya, aplikasi belajar AL Quran ini dibuat dalam bahasa Indonesia, jadi akan lebih mudah dimengerti untuk orang Indonesia. Di aplikasi ini tersedia surah-surah Al Quran yang lengkap dengan bacaan dan artinya.

Anda juga bisa mengcopy ayat Al Quran dan artinya dari sini untuk dibagikan. Tools ini cocok digunakan sebagai aplikasi belajar mengaji untuk dewasa. Menggunakan aplikasi ini belajar Al Quran bisa jadi lebih mudah,

Baca Juga :   Cara Download Aplikasi Snaptube Versi Baru

3. Belajar Mengaji Al Quran

Aplikasi belaar mengaji ini cukup ringan sehingga cocok digunakan di smartphone dengan memori kecil sekalipun. Dengan cara ini, akan lebih mudah belajar mengaji dimanapun. Di aplikasi ini juga tersedia terjemahan dalam 27 bahasa selain Indonesia.

Ayat Al Quran yang ada di aplikasi ini juga sudah sinkron dengan audio Tilawah untuk belajar mengaji. Tampilan antar mukanya sangat sederhana, tetapi sebagai aplikasi untuk belajar sebenarnya tidak akan jadi masalah.

4. MyQuran Al Quran

Aplikasi Al Quran digital ini salah satu buatan Indonesia, yang mendapat pernyataan tashih dari Kementrian Agama. Dari sisi tampilan aplikasi ini juga lebih menyenangkan. Tersedia mode pilihan terang dan gelap yang memudahkan untuk membaca Al Quran.

Di aplikasi ini juga tersedia fitur Khatam yang akan sangat berguna untuk menyelesaikan bacaan Al Quran pada saat bulan Ramadahan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur tajwid dan audio murotal dengan suara indah dari Qori Alquran.

5. Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla

Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla ini cocok bagi Anda yang baru belajar secara mendalam tentang agama Islam. Aplikasi ini menyediakan 6 fitur yang dapat membantu dalam menjalankan ibada secara lengkap. Diantara fitur yang tersedia adalah kalendar sholat sesuai dengan Al Quran.

Tersedia juga fitur kompas untuk penunjuk arah Qibla. Di aplikasi ini juga membantu belajar mengaji secara rutin dengan memberikan rekomendasi ayat harian yang bisa dibaca.

6. Quran for Android

Aplikasi belajar mengaji android ini merupakan hasil pengembangan dari Quran.com. Di aplikasi ini tersedia ayat-ayat Al Quran yang dapat dibaca dengan mudah. Tersedia juga berbagai fitur yang akan memudahkan dalam belajar Al Quran. Dengan kelengkapan fiturnya, aplikasi ini lebih mudah digunakan

Bagi yang sedang belajar hapalan AL Quran, aplikasi ini juga cocok untuk digunakan. Tersedia juga search bar untuk menemukan ayat yang ingin dibaca. Aplikasi ini juga mendapat score review yang cukup bagus dari penggunanya di Google Play Store.

Baca Juga :   Download WhatsApp Desktop Terbaru dan Cara Penggunaanya

7. Aplikasi Al Quran Umma

Aplikasi ini merupakan salah satu buatan dari pengembang aplikasi Indonesia. Fitur yang tersedia cukup lengkap seperti terjemahan Al Quran dalan beberapa bahasa, fitur Tajwid, sistem notifikasi dan lainnya.

Bagi Anda yang rajin menjalankan ibadah puasa sunah, tersedia juga notifikasi imsak sehingga tidak ketinggalan sahur. Fitur lain yang tidak kalah pentingnya adalah notifkasi adzan yang bisa disesuaikan dengan lokasi.

Aplikasi Belajar Mengaji Untuk Anak-Anak

pexels_rubaitul azad

Bagi muslim, belajar mengaji sudah seharusnya dilakukan sejak usia dini. Pengenalan Al Quran pada anak-anak sangat penting sebagai bagian menjaga ketaqwaan dan keimanannya. Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang, belajar mengaji bisa lebih mudah dilakukan dengan aplikasi.

Berikut beberapa aplikasi belajar mengaji yang mudah dan lebih menarik untuk dapat digunakan anak-anak.

1. Marbel Belajar Mengaji

Aplikasi ini merupakan pengembangan seri berlajar dari Educa Studio. Marbel Belajar Mengaji ini ditampilkan dengan konten yang menarik untuk belajar membaca huruf Arab untuk anak-anak. Aplikasi belajar ini akan cocok digunakan sebagai metode pembelajaran.

Aplikasi belajar mengaji untuk anak ini juga akan lebih menarik untuk anak yang baru belajar huruf Arab. Tersedia juga Iqro dengan tingkat kesulitan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan anak.

2. Iqro Digital

Belajar mengaji untuk anak dimulai dengan belajar Iqro. Di aplikasi ini, seperti layaknya belajar mengaji konvensional tersedia jidil Iqro lengkap dari jilid satu hingga jilid 6. Tampilannya lebih simpel tapi menarik. Aplikasi ini cocok digunakan untuk belajar mengaji untuk anak usia sekolah.

3. Belajar Iqro

Belajar Iqro ini disertai dengan audio untuk memudahkan belajar pelafalan yang benar. Di aplikasi ini juga tersedia gambar dan warna-warna menarik untuk membantu proses pembelajaran yang lebih menyenangan.

juga dirancang agar lebih mudah digunakan. Dengan tampilan penuh warna dan menarik diharapkan anak-anak lebih senang dan termotivasi untuk belajar mengaji. Anda bisa mendapatkan cara pembelajaran mudah ini dengan  download aplikasi belajar mengaji iqro di Google Play Store.

Baca Juga :   Rahasia Mengembangkan Akun Youtube Menurut Imam Januar Hingga Menghasilkan Dan Bermanfaat

4. Secil Hijaiyah

Aplikasi ini cocok digunakan untuk anak di bawah usia delapan tahun. Di aplikasi belajar mengaji ini pengenalan huruf hijaiyah dibuat dengan tampilan yang menyenangkan. Terdapat berbagai gambar menarik dan dilengkapi dengan suara yang cocok untuk menarik perhatian anak.

Aplikasi ini memberikan fitur-fitur menarik seperti video dan lagu anak. Pembelajaran bisa dilakukan dengan lebih menyenangkan melalui permainan tebak huruf Hijaiyah.

5. Juz Amma

Aplikasi ini cocok digunakan untuk anak usia sekolah yang sudah mulai belajar mengaji Al Quran. Di aplikasi oni ada fitur-fitur menarik yang membantu anak untuk belajar dan menghafal bacaan surah pendek Al Quran.

Pada tiap surah dan ayat dilenkapi denan bacaan latin dan terjemahannya, Terdapat juga ilustrai kartun yang dapat meambah daya tarik untuk belajar. Aplikasi belajar mengaji alquran akan cocok digunakan untuk anak usia sekolah yang sudah bisa membaca Al Quran.

6. Belajar Tajwid Lengkap

Aplikasi ini cocok untuk digunakan belajar anak yang sudah mulai membaca Al Quran. Tajwid merupakan salah satu cara untuk melafalkan huruf Al Quran dengan benar. Lewat aplikasi ini proses belajar bisa dilakukan dengan mudah dengan bantuan audio yang jelas.

Dengan cara ini akan lebih memudahkan mendapatkan pelafalan yang benar. Tampilan di aplikasi ini dibuat sederhana tetapi tetap menarik sehingga belajar Tajwid tidak membosankan.

7. Learn Quran Tajwid: Belajar Mengaji

Aplikasi ini dirancang untuk dijadikan alat belajar mengaji sesuai dengan metode dari para ahli. Tersedia fitur pembelajaran dari tahap dasar, tajwid hingga tingkatan yang lebih tinggi.

Terdapat juga berbagai teori, latihan dan tes untuk menguji kemampuan belajar. Ajaran Tajwid di sini juga sudah tersertifikasi dari ulama Al Quran. Aplikasi ini bagus digunakan dengan bimbingan guru. Bisa juga dijadikan sarana belajar Al Quran otodidak.

Mengaji adalah masalah penting yang harus dilakukan seorang Muslim. Belajar mengaji bisa dimulai saat masih anak-anak dan tidak jadi masalah juga belajar mengaji saat sudah dewasa. Dengan bantuan aplikasi belajar mengaji proses pembelajaran juga akan lebih mudah dilakukan.

Related posts