12 Aplikasi Kalender Masa Subur Terbaik

Foto: Pexels_Nataliya Vaitkevich

Mendapatkan keturunan tentunya jadi impian tiap pasangan yang menikah. Bagi pasangan yang sedang berusaha mendapat momongan, masa subur jadi bagian penting yang perlu dimonitor. Dengan kemajuan teknologi, saat subur ini bisa diketahui dengan menggunakan aplikasi kalender masa subur.

Ada beberapa pilihan aplikasi yang dapat digunakan untuk monitoring masa subur. Untuk penjelasan lebih lengkap Anda dapat menyimak artikel berikut ini.

Apa Manfaat Kalender Masa Subur?

Sebelum membahas lebih jauh tentang aplikasi kalender masa subur, Anda juga perlu tahu apa manfaat menggunakan kalender masa subur ini. Mengetahui masa subur buka hanya berguna bagi yang ingin segera memiliki momongan, tetapi juga memiliki manfaat untuk para wanita.

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat dengan menggunakan aplikasi masa subur ini. Berikut beberapa manfaatnya.

1. Dapat Mengetahui Masa Produktif

Menurut ahli, wanita lebih produktif selama dua minggu sebelum siklus menstruasi. Pada masa setelah ovulasi, tingkat esterogen dan testosterone akan menurun. Di masa ini wanita lebih cenderung kurang produktif. Dengan mengetahui siklus ini Anda bisa menghindari presentasi atau pekerjaan lain yang membutuhkan fokus.

Sebaliknya, pada masa dua minggu dari masa ovulasi, wanita cenderung lebih produktif. Menggunakan kalender masa subur berarti juga akan mengetahui siklus masa-masa produktif ini. Dengan cara ini Anda bisa memanfaatkan periode tersebut untuk meningkatkan kinerja.

2. Menentukan Waktu untuk Bersantai

Seminggu sebelum masa menstruasi, wanita kerap merasa mudah lelah dan lamban. Di saat-saat ini akan lebih baik digunakan untuk bersantai. Dengan mengetahui siklus ini, Anda juga merecanakan waktu untuk bersantai. Dan menjadwalkan kegiatan atau pekerjaan yang tidak terlalu membutuhkan energy.

Baca Juga :   Bikin Bangga! Riau Berhasil Menyabet Gelar Juara II Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional

3. Mengetahui Masa Aktif

Pada masa dua minggu setelah menstruasi, kebanyakan wanita akan mendapatkan energi penuh. Di masa ini Anda bisa memanfaatkan waktu untuk mejalankan olahraga active. Atau bisa juga mengerjakan proyek yang membutuhkan energi lebih.

Aplikasi Kalender Masa Subur Terbaik

Untuk mengetahui masa subur, saat ini bisa dilakukan dengan lebih mudah menggunakan aplikasi kalender masa subur. Berikut beberapa aplikasi terbaik yang dapat membantu mengetahui masa subur.

1. Period Calendar

Aplikasi ini sudah banyak digunakan di 63 negara di dunia. Fitur Calendar Period di aplikasi ini bisa memberikan informasi siklus menstruasi, yang dapat membantu memonitor masa subur. Dari sisi tampilan, aplikasi ini memiliki desain simpel seperti diary.

Selain digunakan cek masa subur, aplikasi ini juga menyediakan beberapa fitur lain seperti untuk rekam lender serviks, berat badan, BMI, suhu badan, aktivitas seks, suasana hati dan lainya.

2. Ovulation

Aplikasi ini digunakan untuk memonitor masa subur yang bisa di share untuk suami-istri. Perhitungan masa subur di aplikasi ini dapat diketahui dengan fitur siklus haid. Dengan mengetahui siklus masa menstruasi ini dapat diprediksi masa suburnya.

Selain untuk deteksi masa subur, Ovulation juga menyediakan fitur prediksi jenis kelamin calon bayi yang didapat  berdasarkan masa subur dan masa pembuahan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan dengan fitur Leap Fitness Group.

3. Clue

Aplikasi masa subur gratis ini banyak digunakan untuk pelacak menstruasi.  Dengan mengunakan aplikasi ini juga dapat melacak masa subur. Clue ini bekerja dengan menggunakan sains  yang melakukan perhitungan  berdasarkan biologi.

Aplikasi ini cocok digunakan untuk  yang sedang melakukan program hamil. Alat ini juga menyediakan informasi suhu tubuh yang bisa dicatat sebagai bagian untuk membantu program hamil.

Foto: Pexels_Tima Miroshnichenko

4.  Fertility Friend

Tools ini  bisa digunakan untuk mendapatkan data masa kesuburan. Disini juga akan diberikan tips serta bagan kesuburan yang disertai analisa. Fitur ini cukup membantu untuk mendapatkan berbagai informasi yang diperlukan.

Baca Juga :   Paling Mudah! Inilah Cara Download Video YouTube Jadi Audio MP3

Aplikasi inijuga  cocok dipilih bagi Anda yang ingin mendapatkan momongan. Tersedia juga fitur pengingat masa ovulasi yang memudahkan untuk penggunanya menandai. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis dengan pembelian di dalam aplikasi.

5. Glow Cycle

Aplikasi kalender masa subur ini cukup banyak digunakan. Cara penggunaan aplikasi ini dilakukan melalui pelacakan siklus yang menggunakan kalkulator ovulasi. Fitur ini cukup membantu bagi yang ingin menandai masa subur.

Tersedia jurnal aktivitas seksual dan suasana hati. Cara ini lebih memungkinkan untuk mendapatkan peluang untuk segera hamil. Aplikasi ini juga mendeteksi kehamilan lewat tanda- tanda yang bisa diketahui dari jurnal yang disimpan di aplikasi.

6. Flo Period

Aplikasi ini cukup lengkap dan dapat membantu bagi pasangan yang menghendaki segera mendapatkan momongan. Terdapat berbagai fitur yang dapat digunakan untuk memonitor masa subur. Beberapa fitur yang tersedia seperti informasi siklus haid akan membantu dalam penentuan masa subur.

Fitur lain yang dapat digunakan untuk mengawasi siklus tidur, aktivitas fisik dan rutinias lain yang dapat berkontribusi dalam kehamilan. Bagi pengguna Apple, dapat juga menghubungkan aplikasi Flo ini dengan Apple Health. Selain itu, aplikasi ini juga lebih personal dengan sistem yang dapat diamankan dengan menggunakan password.

7. Eve Tracker

Alat cek masa subur ini dirancang untuk menyesuaikan dengan karakter wanita. Desainnya menarik dan manis. Fitur yang tersedia cukup membantu bagi yang ingin memonitor masa subur. Aplikasi ini menyediakan fitur utama berupa cyclescope yang dapat digunakan untuk memonitor putaran masa haid.

8. Ovia Fertility & Cycle

Aplikasi kalender masa subur ini juga sangat cocok dipilih bagi Anda yang merencanakan kehamilan. Di sini tersedia fitur yang dapat memberikan berbagai informasi terkait menstruasi dan rutinitas fisik sehari-hari.

Baca Juga :   Segera Rilis Di Indonesia, HP Huawei P50 Pro

Tersedia juga fitur Fertility Score yang dapat digunakan melihat masa paling subur dan potensial untuk program kehamilan. Selain itu tersedia juga informasi terkait nutrisi yang dibutuhkan sebagai pendukung rencana cepat hamil.

9. Hitung Masa Subur

Bagi Anda yang membutuhkan aplikasi untuk menghitung masa subur, platform ini tepat untuk dipilih. Perhitungan masa subur ini didasarkan dari siklus menstruasi. Dengan mengetahui masa subur akan lebih memudahkan dalam merencanakan kehamilan.

Aplikasi masa subur bahasa Indonesia ini juga menyediakan fitur lain yang membantu dalam program kehamilan seperti BMI dan segala tips terkait masalah kehamilan yang diambil dari berbagai sumber.

10. Wilov

Aplikasi ini bisa digunakan untuk memprediksi siklus menstruasi dengan cukup akurat.  Kalkulasi yang dilakukan juga berdasar medis. Penggunaan aplikasi ini juga cukup mudah. Platform ini menyediakan juga fitur lain yang bisa digunakan untuk mencatat gejala kesehatan reproduksi.

Dengan mengetahui prediksi kesehatan ini akan lebih memudahkan untuk melakukan preventif care. Deteksi masalah kesehatan yang lebih awal, memberikan kesempatan pada pengguna untuk bisa segera memeriksakan diri dan menjalani perawatan yang dibutuhkan.

11. Femometer

Aplikasi ini dapat digunakan untuk melacak masa kesuburan, juga bisa digunakan untuk mengetahui periode ovulasi dan siklus menstruasi. Tampilan aplikasi ini juga lebih menarik. Dan privacy pengguna juga terjaga.

12. My Calendar

Alat ini dapat membantu melacak siklus menstruasi, masa subur pengguna dan juga siklus ovulasi. Aplikasi ini juga disertai dengan fitur notifikasi pada periode ovulasi dan masa subur.

My Calendar ini juga menyediakan fitur penyimpanan yang membuat history dari data sebelumnya tetap tersimpan di aplikasi. Jadi meski berganti perangkat, saat menggunakan akun yang sama data ini masih tetap tersimpan.

Aplikasi kalender masa subur ini merupakan salah satu wujud kemajuan teknologi yang dapat membantu kaum wanita untuk mengetahui siklus masa subur. Alat ini akan lebh memudahkan membantu pasangan yang sedang berupaya mendapatkan momongan.

Related posts