10 Aplikasi Pemotong Video di Laptop, Gratis dan Mudah Digunakan

Foto: Pexels_Ron Lach

Maraknya konten video di Youtube atau media sosial lainnya, membuat banyak orang ingin melakukan edit video sendiri dengan lebih mudah. Kemajuan teknologi kini membuat proses edit video juga lebih mudah dilakukan. Ada beberapa pilihan aplikasi pemotong video di laptop yang dapat dipilih.

Pilihan Terbaik Aplikasi Pemotong Video di Laptop

Ada beberapa pilihan aplikasi pemotong video yang dapat digunakan di laptop. Cara ini akan lebih memudahkan bagi content creator untuk berkerasi dengan durasi video yang terbatas. Berikut pilihan aplikasi terbaik yang dapat dipertimbangkan untuk digunakan oleh pemula ataupun profesional.

1. Media Cope

Aplikasi ini bukan hanya bisa digunakan untuk memotong video. Fungsi aplikasi ini cukup lengkap. Selain bisa digunakan untuk memoting video juga bisa untuk editing suara. Anda bisa mengganti suara dalam video atau memotong suaranya saja tanpa perlu mengurangi durasi video.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa mengganti format video dengan yang lebih banyak digunakan seperti MP4, FLV, AVI dan lainnya. Tools edit video ini bisa dinduh secara gratis di website resminya.

2. Free Video Cutter Joiner

Free Video Cutter Joiner ini merupakan salah satu aplikasi yang mudah untuk digunakan. Selain bisa digunakan untuk memotong video, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk menggabungkan dua video dengan hasil yang sama seperti aslinya.

Aplikasi pemotong video di laptop ini juga bisa digunakan untuk mengubah format video menjadi MP4, MKV FLV, AVI ataupun 3GP. Ukuran file aplikasi ini cukup ringan serta bisa didapatkan dengan download gratis.

Baca Juga :   Tata Cara Mendaftar Lazada Paylater

3. BeeCut

Aplikasi pemotong video free ini memiliki tampilan yang sederhana, namun memiliki banyak fitur pilihan untuk editing video. Selain itu juga tersedia fitur editing seperti untuk mempercepat atau melambatkan, bisa digunakan memperbesar gambar, untuk menambahan efek gambar latar, dubbing dan lainnya.

Anda juga bisa melakukan editing video secara online di website resminya. Selain tersedia software yang tersedia untuk PC, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk Android. Aplikasi ini lebih memungkinkan bagi penggunanya untuk lebih mudah berbagi video di media sosial.

4. Boilsoft Video Cutter

Boilsoft Video Cutter juga salah satu pilihan aplikasi yang bisa digunakan dengan mudah. Tools yang perlu digunakan untuk proses editing juga simpel. Pengguna juga bisa mengubah file dalam bentuk yang lebih mudah ditonton seperti MPEG, AVI, WMV, VOB dan lainnya

Cara pemotongan video dengan aplikasi ini cenderung lebih efisien dan dapat dilakukan dengan cepat. Hasil pemotongan juga sempurna seperti video aslinya. Penggunaan yang mudah ini membuat aplikasi ini bisa digunakan untuk pemula  atau pengguna yang tidak punya ketrampilan editing sama sekali.

5. Weeny Free Video Cutter

Weeny Free Video Cutter ini memiliki fungsi sebagai pemotong video dan sekaligus dapat digunakan untuk mengecilkan size dari file. Fitur pemotongan videonya simpel dan mudah digunakan. Terdapat spesifkasi waktu yang akan memudahkan untuk menyesuaikan durasi.

Aplikasi edit video di laptop ini bisa digunakan untuk jenis video MP, AVI, WMV, VOB, RM, ASF ataupun 3GP. Aplikasi ini juga memiliki ukuran yang kecil dan tidak akan memberatkan laptop.

6. Bandicut Video Cutter

Bandicut Video Cutter bisa jadi pilihan sebagai video yang bisa digunakan untuk memotong video. Tampilan aplikasi ini terlihat lebih modern. Fitur editing di sini juga cukup lengkap. Penggunaan aplikasi ini hanya bisa untuk OS Windows.

Baca Juga :   3 Aplikasi Edit Foto Kekinian Viral Di Tiktok

Tersedia fitur yang bisa digunakan untuk menggabungkan video, bisa juga digunakan memisahkan segmen, ekstrak maupun untuk konversi ke format yang berbeda. Cara penggunaannya juga cukup mudah dan bisa digunakan untuk orang yang sama sekali tidak memiliki ketrampilan editing video.

7. Gihosoft Free Video Cutter

Gihosoft ini dapat digunakan untuk laptop Windows ataupun macOS. Dari segi tampilan juga terlihat lebih canggih. Dengan kapasitas ini membuat penggunanya lebih nyaman melakukan editing berlama-lama.

Video yang dihasilkan bisa disimpan dalam berbagai format pilihan seperti MP3. WAV, MOV, MP$, MPEG dan lainnya. Aplikasi pemotong video di laptop ini juga cukup ringan hingga tidak akan memberatkan perangkat.

8. Joyoshare Media Cutter

Aplikasi pemotong video di laptop ini didesaian dengan tampilan yang minimalis. Penggunaannya juga fleksibel, bisa digunakan untuk OS Windows ataupun macOS. Selain itu juga bisa digunakan untuk banyak pilihan format sepertu MP4, MP3, AVI, WMA dan lainnya.

Joyoshare Media Cutter ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan video dengan hasil yang rapi. Selain itu juga bisa digunakan sebagai screen recorder. Dengan fitur ini juga bisa digunakan untuk mendokumentasikan proses editing jika ingin dishare ke media sosial.

9. Moo0 Video Cutter

Aplikasi ini cukup bisa diandalkan untuk digunakan proses editing termasuk pemotongan video. Tools ini juga simpel dan mudah digunakan, selain itu ukurannya juga kecil.

Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah fitur double slider. Terseda juga tombol maju dan mundur yang bisa digunakan membuat durasi yang sesuai.

10. WinX Free Video Converter

Aplikasi pemotongan video ini memiliki fungsi cukup legkap, bisa digunakan untuk memotong video dan juga mengkonversinya. Format video bisa diubah dengan yang lebih populer seperrti AVI, MKV< MP4 ataupun HEVC.

Baca Juga :   Cara Download Aplikasi Snaptube Versi Baru

WinX ini bukan hanya bisa digunakan untuk laptop berbasis OS Windows tetapi juga bisa untuk macOS. Bagi yang ingin menyimpan file dalam bentuk lain bisa juga mengubahkan adalam format DVD PAL atau NTSC.

Cara Pemotongan Video Tanpa Aplikasi

Foto: Pexels _Caio

Selain menggunakan aplikasi, pemotongan video juga bisa dilakukan dengan cara lain menggunakan aplikasi bawaan laptop. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pemotongan video sederhana.

1. Pemotongan Video dengan VLC

Software video player ini sudah pasti tersedia di setiap laptop. Aplikasi bawaan ini juga bisa digunakan untuk pemotongan video. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka video yang akan dipotong di VLC player
  • Selanjutnya buka menu View
  • Lalu masuk menu Advanced Controls
  • Selanjutnya akan muncul tombol tambahan
  • Untuk melakukan pemotongan, geser sesuai dengan durasi yang diinginkan
  • Lanjutkan dengan klik tombol record dan biarkan video terus berjalan
  • Tunggu durasi video sampau pada potongan yang sudah diatur
  • Lalu klik tombol Record
  • Anda bisa menemukan hasil pemotongan ini di folder Videos

2. Media Player Windows 10

Bagi yang enggan menginstal aplikasi, bisa juga melakukan pemotongan video dengan menggunakan aplikasi bawaan windows ini. Berikut cara penggunaanya.

  • Gunakan laptop dengan OS windosw 10
  • Putar video yang akan dipotong menggunakan Media Player
  • Klik ikon pensil yang ada di bagian kanan bawah
  • Lanjutkan dengan memilik menu Trim
  • Atur video yang ingin digunakan dengan setting bagian awal dan akhir
  • Jika sudah pas pengaturannya klik Save as
  • Simpan file di folder yang dikehendaki
  • Tunggu prosesnya hingga selesai

Dengan teknologi modern, melakukan editing video lebih mudah dilakukan. Dalam hal ini tidak butuh ketrampilan khusus dalam editing. Aplikasi pemotong video di laptop ini memang dirancang agar lebih mudah digunakan oleh amatir sekalipun.

Related posts