Aplikasi Penghemat Data Android Terbaik

Foto: Pexels_Matheus bertelli

Demi memenuhi kebutuhan kuota internet, tak jarang yang rela menghabiskan ratusan ribu per bulannya. Bagi yang kerap menghabiskan budget lebih untuk internet bulanan, ada solusi aplikasi penghemat data android yang bisa Anda gunakan.

Ada beberapa pilihan aplikasi yang dapat digunakan untuk menghemat penggunaan internet. Berikut beberapa pilihan aplikasi yang dpat digunakan untuk android.

Aplikasi Penghemat Data Android Terbaik

Bagi Anda yang kerap boros penggunaan internet, tentu sering bertanya bagaimana cara menghemat data di HP android? Dengan kemajuan teknologi, masalah boros data ini bisa diatasi dengan beberapa aplikasi berikut ini.

1. My Data Manager

My Data Manager bisa jadi pilihan untuk aplikasi yang bisa digunakan untuk menghemat data. Kegunaan paling utama pada aplikasi ini adalah untuk mendeteksi besarnya data yang digunakan. Dengan cara ini Anda dapat lebih memantau penggunaannya.

Aplikasi ini juga memberikan infomasi soal aplikasi yang penggunaannya menyedot data. Dengan mengetahui masalah ini, Anda bisa dapat menghentikan penggunaan aplikasinya. Fungsi lain dari aplikasi ini juga dapat memantau penggunaan data saat terkoneksi dengan wifi.

2. InternetGuard Data Saver Firewall

Aplikasi penghemat data android ini juga dapat membantu dalam penghematan data. Anda bisa memilih layanan gratis di aplikasi ini. Tetapi untuk bisa menggunakan fitur-fitur lain, Anda perlu menggunakan versi yang berbayar. Aplikasi ini juga menyediakan fitur lain selain penghematan data.

Baca Juga :   Pilihan Aplikasi Kunci Layar Android dengan Wajah yang Terbaik

Beberapa fitur yang bisa digunakan seperti untuk penghematan baterai dan untuk lebih meningkatkan privasi. Fungsi lainnya juga bisa juga digunakan untuk megendalikan aplikasi seluler, dapat digunakan untuk mempermudah izin/blikir konektivitas di aplikasi. Fitur lainnya juga bisa digunakan untuk pemblokiran aktivitas aplikasi background dan lainnya.

3. Data Usage – Data Manager

Aplikasi yang satu ini cukup disukai dan sudah digunakan banyak pengguna. Fitur yang disediakan juga cukup membantu dalam penghematan data, beberapa fitur lain seperti notifikasi yang berisi penggunaan data seluler ataupun Wifi.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembatas kuota internet android ini untuk melacak penggunaan data harian dari setiap aplikasi saat dibuka. Lalu aplikasi dapat menunjukkan peringatan jika penggunaan data sudah melebihi batas ketentuan.

4. Data Usage – NeoData

Aplikasi pembatas kuota internet android gratis ini sudah banyak digunakan. Dengan menggunakan aplikasiini, Anda bisa mendapatkan indformasi penggunaan data dengan lebih cepat. Cara kerja aplikasi ini juga secara real time dan akuran menurut operator yang digunakan.

Anda bisa melakukan kontrol penggunaan data internet dengan mengguanakan aplikasi ini. Menggunakan Data Usage – NeoData ini Anda juga bisa melakukan pembatasan penggunaan hotspot.Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk melaukan pengaturan data dari dua SIM card yang dipakai.

5. CM Data Manager

CM Data Manager ini dapat digunakan untuk membantu dalam mengelola pemakaian data seluler. Aplikasi ini dapat memberikan data secara lebih rinci. Dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa meminimalisir pemakaian kuota internet.

Salah satau cara untuk penghematan data adalah dengan mendeteksi aplikasi yang menghabiskan kuota. Anda juga bisa menggunakan aplikasi ini untuk cek kecepatan jaringan pada saat digunakan untuk browsing.

6. DataEye

DataEye juga bisa dipilih untuk aplikasi penghemat data android. Dengan menggunakan DataEye ini Anda dapat mengetahui aplikasi apa saja yang membuat boros kuota. Dengan mengetahui ini, Anda bisa mengatur penggunannya dan memblokis aplikasi yang dapat menghabiskan data seluler ini.

Baca Juga :   Kode Redeem FF Gratis Terbaru 8 Agustus 2022

Selain bisa digunakan untuk membantu hemat kuota internet, aplikasi ini juga bisa membantu dalam penghematan baterai. Fungsi battery saver ini bekerja dengan mematikan aplikasi background yang tidak terlalu banyak digunakan.

7. Onavo Count

Onavo Count ini memanga kurang dikenal diantara pengguna android. Namun aplikasi ini juga dapat digunakan untuk penghematan kuota internet. Fungsi ini terutama akan berguna saat digunakan untuk streaming video di internet.

Tampilan antara muka dari aplikasi ini juga lebih baik. Anda juga bisa cek  penggunaan data internet pada smrtphone androidmu yang digunakan. Beberapa alikasi yangonbisa diceka natara lain aplikasi untuk bakcground smartphone. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk cek Wifi.

8. GlassWire Data Usage Monitor

Aplikasi ini bisa juga digunakan untuk peghematan pembuatan data dengan cara memonitor penggunaan data seluler. Pengunaan data dapat dimonitor dengan menggukan informasi penggunaan berupa grafik.

Selain bisa digunakan untuk mendetekasi penggunaan data dan Wifi, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk perlindungan. Cara penggunaannya bisa dengan mendeteksi aplikasi yang mencurigakan.

Penghematan Data Lewat Browser

Foto: Pexel_Photomix Company

Selain menggunakan aplikasi penghemat data android, Anda juga bisa melakukan penghematan penggunaan internet lewat pilihan browser. Berikut beberapa browser yang bisa digunakan untuk lebih menghemat data.

1. Opera Mini

Aplikasi browser ini dapat digunakan untuk mengurangi penggunaan data seluler berlebih dan juga membantu mengatasi masalah kecepatan internet. Untuk memanfaatkan hemat data dengan browser ini, Anda perlu melakukan setting dengan memilih mode kompresi data Hight atau Extreme.

Dengan menggunakan mode ini, penggunaan internet saat berselancar jadi lebih mungkin untuk dikontrol. Penggunaan browser ini menghemat penggunaan data dengan cara mengurangi kualitas gambar, protokol, text wrap dan lainnya.

Baca Juga :   Tata Cara Mendaftar Lazada Paylater

2. Browser Chrome

Browser satu ini sudah banyak dikenal dan digunakan dengan fungsi memperepat fungsi pencarian. Selain itu, browser ini ternyata juga bisa digunakan untuk menghemat penggunaan data hingga 50%. Di browser ini tersedia fitur Data Saver.

Anda bisa memanfaatkan fitur Data Saver di aplikasi browser ini untuk menyimpan penggunaan cookies serta data-data sewaktu berselancar. Dengan cara ini penggunaan data jadi lebih hemat, selain juga proses loading yang lebih cepat.

3. Via Browser

Aplikasi browser ini mungkin kurang dikenal. Nammun Via Browser ini dapat diandalkan untuk melakukan browsing dengan lebih cepat. Selain itu aplikasi ini juga ringan sehingga lebih hemat ruang penyimpanan.

Ada banyak fitur lain yang dimiliki aplikasi ini yang juga berguna untuk penghematan internet. Penggunaan aplikasi ini juga dapat memblokir iklan saat browsing dan nonton Youtube. Fitur lain yang menarik adalah bisa digunakan untuk kotumisasai tampilan halaman homepage sesuai yang dikehendaki.

4. Opera Max

Opera Max ini bisa jadi pilihan lain untuk menghemat data. Dengan menggunakan aplikasi browser ini Anda bisa lebih hemat data 50%. Cara kerjanya tak beda jauh dengan Chrome yakni dengan membuang cookie dan melakukan pemblokiran iklan.

Aplikasi browser ini bisa jadi pilihan alternative bagi Anda yang kerap melakukan browsing menggunakan internet menggunakan smartphone.

Penggunaan data seluler dengan lebih hemat sebenanya tergantung dari kontrol penggunaan aplikasi yang digunakan di ponsel. Dengan menggunakan aplikasi penghemat data android ini akan lebih memungkinkan bagi Anda untuk melakukan kontrol penggunaan internet.

Related posts