Pesona Kuala Kencana, Kota Modern di Tengah Hamparan Hutan Papua

Foto: Instagram [email protected]

Saat menyebut Papua, kebanyakan orang mungkin akan berpikir sebuah wilayah pegunungan dengan kehidupan yang masih sederhan. Tak terbayangkan jika di wilayah paling Timur Indonesia, yang masih dianggap tertinggal ini terdapat sebuah kota modern bernama Kuala Kencana.

Ada banyak hal menarik dan mempesona dari kota di wilayah Mimika, Timika, Papua ini. Apa saja pesona dari Kuala Kencana ini? Berikut beberapa daya tarik yang bisa ditemukan di kota terbatas yang berdiri sejak 5 Desember 1995 ini.

Kota Modern Diantara Hamparan Hutan

Kota ini berada di dataran rendah dengan Kota ini berada di dataran rendah. Posisi wilayah ini ada di ketinggian 200 – 1600 mdpl. Sebagian besar wilayah ini berupa hamparan hutan primer ataupun skunder.

860,74 Km2. Sekitar kota kecil ini kebanyakan merupakan wilayah hutan, permukiman penduduk, wilayah lahan yang terbuka dan lainnya. Kuala Kencana ini hanya berupa kota kecil dengan luas 860, 74 Km2.

Wilayah Kawasan Terbatas yang Dikelola Freeport

Keindahan kota kecil Kuala Kencana ini bukanlah lokasi yang bisa dikunjungi wisatawan. Kota di distrik Mimika ini merupakan bagian kawasan terbatas dimana pengunjung harus memiliki izin tertentu dan menunjukan kartu identitas.Kota ini dikelola secara langsung oleh PT. Freeport Indonesia (PTFI).

Setiap pengunjung yang akan memasuki kota ini harus melewati pemeriksaan ketat oleh petugas keamanan di lokasi ini. Wilayah ini temasuk bagian kota yang tidak dapat dijamah kelompok kriminal bersenjata yang biasanya mengganggu warga sipil.

Kota DenganSisitem Kelistrikan Modern

Kota Kuala Kencana ini merupakan kota modern yang menerapkan sistem kelistrikan tanpa tiang kabel. Sistem yang digunakan di kota ini adalah underground utilities. Semua sistem listrik, sistem komunikasi, sistem distribusi air bersih maupun sistem pengolahan limbah dikelola secara terpadu.

Baca Juga :   Asesmen Nasional akan Digelar Pada September Mendatang Pengganti UN : Apakah Assesmen Nasional Tersebut ?

Selain itu, di kota ini juga dikenal  sistem pengolahan air kotor yang dikelola dengan menggunakan teknologi tinggi. Air keran yang diolah dengan aman diaslurkan ke rumah-rumah warga dana man dikonsumsi secara langsung.

Memiliki Fasilitas Lengkap

Menilik sejarahnya, Kuala Kencana ini merupakan pusat administrasi dan permukiman untuk pekerja PT. Freeport Indonesia.  Jadi tak heran jika di lokasi ini tersedia berbagai fasilitas lengkap.  Terdapat pusat olah raga seperti lapangan sepak bola, Futsal, lapangan golf dan kolam renang  berstandard olimpiade.

Tersedia juga pusat perbelanjaan, tempat ibadah gereja dan masjid, layanan bank, perpustakaan dan bahkan salon kecantikan. Di kota ini juga dibangun alun-alun dengan karakteristik yang unik. Tersedia kepentingan kuliner berupa restoran dengan menu Barat ataupun Oriental.

Distrik Ramah Lingkungan

Kota Kuala Kencana ini berada di wilayah hutan hijau. Dengan lingkungan hijau ini, tentunya memeberikan pasokan oksigen yang lebih banyak. Hamparan hijua di sekitar kota ini membuat udara lebih bersih dan sehat.

Selain itu, warga yang tinggal di kota ini juga jarang menggunakan mobil atau sepeda motor. Kebanyakan orang lebih memilih menggunakan sepeda.  Kota ini juga bersih dari sampah. Dengan berbagai fasiltas yang bersih ini membuat Kuala Kencana jadi salah satu kota ramah lingkungan di Indonesia.

Kota Paling Rapi di Indonesia

Kota ini dibangun dengan sistem zonasi  dengan rencana pembangunuan hingga 30 tahun. Sistem zonasi ini dibangun dengan penerapan fungsi bangunan yang berupa , perumahan, sekolah, perkantoran, pertokoan dan lain sebagainya.

Penataan jalan dan lokasi pedagang kaki lima juga sistematis. Dengan berbagai pengaturan dan perencanaan pembangunan kota ini membuat kota Kuala Kencana jadi satu-satunya kota paling rapi di Indonesia.

Baca Juga :   Film Thor: Love and Thunder

Related posts