Download WhatsApp Desktop Terbaru dan Cara Penggunaanya

Foto: Unsplash_Mika Baumeister

WhatsApp atau WA sebagai media perpesanan, saat ini sudah banyak digunakan bukan hanya untuk urusan pribadi. Banyak yang menggunakan WA ini untuk urusan bisnis dan pekerjaan. Selain lewat aplikasi di HP, WA juga banyak digunakan di versi dekstop.

Dengan menggunakan whatsapp web ini akan lebih memudahkan bagi yang bekerja menggunakan perangkat komputer. Berikut panduan cara penggunaan Whatsapp desktop ini.

Cara Menggunakan WhatsApp Versi Desktop

Untuk bisa menggunakan WhatsApp versi desktop ini, pertama Anda perlu download WhatsApp Desktop dan menginstallnya. Anda bisa download melalui laman resmi WhatsApp di https://www.whatsapp.com/download/.

Saat mengunduh file, jangan lupa pilih versi Windows atau MacOS. Setelah aplikasi berhasil diunduh dalam bentuk file exe, Anda perlu menginstallnya di laptop.

Cara lain bisa juga dilakukan dengan download WhatsApp melalui Microsoft Store. Lalu lakukan instalasi di perangkat. Bagi yang punya aplikasi ini di laptop juga bisa menggunakannya. Caranya  cukup mudah seperti berikut ini.

  • Pertama buka Microsoft Store di laptop
  • Lalu ketik WhatsApp Desktop
  • Setelah itu klik Get
  • Tunggu download selesai dilakukan
  • Lalu klik Install

Setelah aplikasi terpasang di laptop, cara penggunaanya hanya tinggal menautkan dengan WA yang ada di HP. Gunakan Kode QR dari WA di Laptop.

Bagaimana Cara Kerja WhatsApp Desktop

WhatsApp Desktop  ini sebenarnya merupakan mirroring dari aplikasi WA yang digunakan di HP. WhatsApp Desktop hanya bisa tersambung jika WA yang ada di ponsel juga menyala. Jadi aplikasi di laptop ini hanya bisa digunakan saat aplikasi yang ada di HP tersambung internet.

Baca Juga :   Smartphone Baru Galaxy Z Flip 4, Bisa Order Hingga September

WhatsApp Desktop ini bisa digunakan sama halnya dengan yang di ponsel, hanya saja di aplikasi desktop ini tidak menyimpan riwayat panggilan. Jadi untuk mendapatkan data baik panggilan atau pesan, perlu terkoneksi dengan ponsel.

Pada dasarnya saat HP Anda mati, WhatsApp Desktop ini juga tidak akan berfungsi. Anda tidak bisa menerima pesan baru atau update status baru. Namun baru-baru ini ada update terbaru dari WhatsApp terkait koneksi dengan  WA Desktop ini.

Versi update ini lebih memungkinkan untuk digunakan untuk empat perangkat sekaligus. Lalu, walaupun HP tidak terhubung ke internet atau  dimatikan  WA Desktop ini  masih bisa digunakan. Untuk menggunakan versi baru ini, Anda perlu download WhatsApp yang baru dan update aplikasi yang lama.

Spesifikasi Komputer/Laptop Untuk WhatsApp Desktop

WhatsApp Desktop ini bisa digunakan untuk laptop dengan spesifikasi tertentu. Sesuai dengan penjelasan yang ada di halaman resmi WhatsApp, aplikasi WhatsApp Desktop bisa dijalankan pada perangkat laptop dengan sistem operasi Windows minimalnya versi 8.1 atau MacOS versi 10.10.

Jika perangkat komputer atau laptop Anda memiliki spesifikasi yang kurang dari itu, sebaiknya gunakan WhatsApp Web. Memang sistem operasi ini tidak berhubungan secara langsung dengan spesifikasi laptop.

Tetapi pada umumnya laptop yang bisa digunakan untuk aplikasi ini setidaknya memiliki kapasitas RAM 2 GB. Jadi sebelum download WhatsApp Desktop, sebaiknya periksa terlebih dahulu kapasitas RAM dan versi Windoews yang Anda gunakan.

Perbedaan WhatApps Desktop Dengan WhatsApp Web

Baik WhatsApp Desktop maupun WhatsApp Web merupakan alternative untuk penggunaan WA melalui perangkat komputer atau laptop. Anda perlu download WhatsApp Desktop dan menginstallnya di komputer atau laptop untuk bisa menggunakannya.

Baca Juga :   10 Aplikasi Kamera Selfie yang Lagi Hits 2022

Sedangkan penggunaan WhatsApp Web hanya perlu membukanya menggunakan browser yang ada di perangkat. Untuk Desktop penggunaannya bisa disesuaikan, bisa dikecilkan atau disembunyikan jendelanya. Sedangkan Web tampilannya tidak bisa diubah-ubah karena berupa apliaksi standalone.

 

Related posts