Kenali Manfaat Retinol dan Resiko Penggunaannya

Foto: Pexels_ShvetsProduction

JagatBerita.com – Retinol selama ini banyak dikenal sebagai salah satu bahan yang digunakan untuk perawatan kulit. Fungsi retinol ini cukup banyak, mulai dari mengatasi masalah jerawat hingga membantu mencerahankan kulit.

Retinol aman digunakan untuk kulit, tetapi sebenarnya juga memiliki efek samping yang perlu diketahui. Untuk lebih memahami terkait retinol, yuk baca artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Retinol

Retinol merupakan zat yang terbuat dari vitamin A. Zat ini merupakan salah satu bentuk vitamin yang bisa diemukan di makanan seperti wortel. Saat dioleskan ke kulit, retinol ini akan diubah jadi asam retinoat oleh enzim khusus di kulit.

Dulunya zat ini digunakan untuk obat jerawat. Sejalan dengan waktu,  dari hasil penelitian ditemukan fungsi retinol yang lain seperti untuk menegah penuaan, bisa juga digunakan untuk membantu masalah pigmentasi.

Retinol memiliki beberapa jenis yang berbeda. Perbedaan jenis retinol ini didasarkan sesuai dengan tingkatanya. Beberapa produk retinol dengan tingkatan normal bisa dibeli secara bebas. Sedangkan untuk tingkat yang lebih tinggi harus dibeli dengan resep dokter.

Manfaat Retinol Untuk Kecantikan

Produk retinol terbaik biasanya digunakan untuk perawatan kecantikan. Beberapa manfaat dari zat ini membuatnya jadi andalan dalam berbagai produk kecantikan. Berikut beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari retinol.

1. Digunakan Untuk Obat Jerawat

Retinol banyak digunakan pada produk kecantikan untuk mengatasi masalah jerawat. Produk yang mengandung zat ini dapat membantu membuka pori-pori .

Dengan cara ini dapat membantu penyerapan obat jerawat. Retinol jerawat ini bukan hanya membantu penyembuhan tetapi juga dapat mencegah timbulnya jerawat baru.

Baca Juga :   Rektor Iluni Farmasi UI Dorong RUU Praktik Apoteker Disahkan: Dibutuhkan Apoteker

2. Membantu Mencegah Penuaan

Kandungan zat dengan jenis tretinion bisanya digunakan untuk produk anti-aging. Kandungan zat ini dapat membantu meningkatkanp roduksi kolagen. Cara ini akan menjaga kulit tetap kenyal dan tidak mudah kendur. Produk yang digunakan biasanya berupa serum retinol.

3. Digunakan Untuk Mencerahkan Kulit

Produk kecantikan dengan kandungan retinol jenis tretinoin ini juga banyak digunakan untuk produk pemutih. Zat ini mampu membantu mencerahkan kulit dengan cara memudarkan flek hitam. Selain itu juga mampu melindungi kulit dari paparan sibar UV dari matahari.

Resiko Penggunaan Retinol

Meski memiliki banyak manfaat, penggunaan retinol bukanya tanpa resiko. Ada beberapa efek samping yang harus diketahui sebelum mulai menggunakan produk dengan kandungan zat ini.  Beberapa efek samping yang bisa terjadi dengan penggunaan retinol antara lain:

  • Menyebakan Iritasi dan kemrahan pada kulit
  • Kulit jadi kering
  • Terjadi perubahan warna kulit
  • Kulit jadi lebih sensitive saat terkena sinar matahari
  • Pada ibu hamil, dapat mengganggu perkembangan janin

Aturan Penggunaan yang Aman

Untuk menghindari efek samping yang tidak dikehendaki, Anda sebaiknya mengikuti aturan pemakaian yang biasanya disertakan pada produk. Aturan pemakaian yang aman dalam penggunaan retinol antara lain:

  • Jangan menggunakan produk secara berlebihan, terutama untuk kulit sensitive.
  • Gunakan pada kulit yang kering. Apabila ingin memadukan dengan produk lain, seperti pelembab, sebaiknya tunggu sampai pelembabnya meresap dan kering baru gunakan produk retinol.
  • Sebaiknya gunakan produk di malam hari. Retinol merupakan zat yang mudah rusak akibat cahaya terang dan sinar matahari.
  • Jika harus menggunakan di siang hari, sebaiknya hindari penggunaan pada jam 10 pagi atau pada jam 2 siang.
  • Kenakan tabir surya minimal SPF 30 untuk penggunaan di siang hari
  • Jangan gunakan dengan produk eksfoliasi ataupun produk dengan kandungan benzoil peroksida.
  • Hentikan penggunaan selama masa kehamilan.
Baca Juga :   Belum Dapat Sertifikat Vaksin Ke-2 Karena Belum Keluar, Berikut Cara Mengecek Sertifikat Vaksin Ke-2

Retinol memang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Namun untuk menghindari efek samping yanga buruk, sebaiknya ikuti aturan pemakaian yang disarankan.

Related posts