Saranjana, Misteri Kota Ghaib di Kalimantan Selatan

Foto: Pexels/Pixabay

JagatBerita.com – Kota Saranjana yang konon ada di Kalimantan, saat ini viral kembali dan banyak jadi perbincangan netizen. Kota ini disebut sebagai kota gaib dengan peradaban modern.

Kisah Tentang Kota Saranjana

Kisah misteri tentang kota Saranjana ini sudah lama beredar dari mulut ke mulut. Ada banyak kisah dari masyarakat setempat yang menceritakan kisah tentang kota gaib ini. Berikut beberapa kejadian nyata yang membuat keberadaan kota gaib ini jadi misteri yang belum terpecahkan.

1. Peta Lokasi Tahun 1845

Dimasa penjajahan Belanda, pernah disebutkan ada seorang anturalis yang membuat peta wilayah pedalaman di Kalimantan dan Borneo. Di peta itu disebutkan nama wilayah Tanjung Saranjana. Lokasi tempat ini ada di sebelah Pulau Laut.

2. Pembelian Alat Berat Tahun 1980

Di tahun 1980-an, pemerintah setempat dibuat kebingungan dengan adanya pemesanan alata berat dengan harga mahal. Peralatan yang didatangkan dari Jakarta ini memiliki alamat Kota Sarajana. Peralatan ini juga sudah dibayar lunas. Namun kota Sarajana tidak ada di wilayah itu.

3. Konser dengan Penonton Gaib

Sekitar tahun 2005, Ari Lasso sempat mengalami kejadian mistis saat konser di Kota Baru.  Dalam sebuah konser ini, Ari melihat penonton sekitar 12 hingga 15 ribu penonton dengan usia acak. Penonton konser ini nampak kurang antusias.

Pada saat konser berakhir, Ari Lasso langsung masuk mobil. Sesaat ia masih melihat banyak orang memeriahkan acara dengan pesta kembang api. Namun selang lima menit, lokasi mendadak sepi.

Baca Juga :   Syarat dan Cara Daftar Subsidi Tepat di Web MyPertamina

4. Suara Kehidupan Kota di Malam Hari

Banyak cerita yang mengisahkan adanya suara-suara kehidupan di malam hari di sekitar gunung Saranjana. Terdengar suara musik atau lalu lalang kendaraan yang menandakan ada kehidupan lain dari dimensi yang berbeda.

5. Kota Dengan Fasilitas Modern

Ada yang mengisahkan bahwa kota Saranjana ini merupakan kota modern. Wilayahnya berbukit-bukit, jalan raya besar dan berbagai fasilitas lengkap. Rumah-rumah dibangun dengan indah. Ada juga yang menyebut tersedia berbagai buah-buahan dengan ukuran besar.

6. Penghuni Rupawan

Beberapa kisah dari mulut ke mulut yang menceritakan pernah mengunjungi kota gaib ini dan bisa kembali, menyebut penghuni kota misterius ini semuanya rupawan. Wanita terlihat cantik dan kaum pria terlihat gagah.

Kerajaan Jin

Kota Saranjana ini berada di wilayah Kota Baru, di Desa Oka-Oka, Kecamatan Laut Kelautan, Kalimantan Selatan. Letak kota gaib ini tidak diketahui secara pasti. Dan tidak semua orang bisa melihat kota ini. Kota yang disebut memiliki peradaban modern ini diduga merupakan kerjaan jin.

Cerita yang beredar tentang kota gaib ini menyebar dari mulut ke mulut. Ada yang menduga kota ini merupakan kerjaan jin. Ada pula yang mengatakan jika kota ini merupakan tempat orang-orang yang menjalankan ilmu gaib dari masa lalu.

Dibuat Dalam Cerita Film

Kisah mistis dari Kalimantan Selatan ini juga akan hadir di layar lebar sebagai cerita film. Sebuah film baru dari DHF Entertainment yang berjudul Saranjana Kota Ghaib akan diluncurkan pada tahun 2023 mendatang. Film yang disutradarai Johansyah Jumberan ini mengisahkan tengang sekelompok grup band yang vokalisnya diculik oleh penghuni kota Saranjana.

Hingga saat ini film bergenre horor ini masih dalam proses penggarapan. Lokasi syuting film ini beberapa juga mengambil setting di wilayah Kalimantan Selatan seperti di Kalimantan Selatan, seperti Kotabaru, Hulu Sungai Selatan ataupun Hulu Sungai Tengah. Namun lantaran mengisahkan dari kota modern yang indah dalam penggambaran, beberapa latar film dibuat dengan menggunakan teknologi Computer Generated Imagery (CGI).

Baca Juga :   Sinopsis Film No Time To Die(Time is), Siap-siap Nangis Saat Menontonnya

Related posts