Untirta, Profil dan Perkembangannya

Foto: pmb.untirta.ac.id

JagatBerita.com – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa atau Untirtabebrapa waktu lalu jadi topik pembicaraan lantaran insiden ospek yang dianggap keterlaluan. Universitas ini jadi sorotan lantaran melakukan Ospek dengan menjemur mahasiswa baru 10 jam.

Ospek Dianggap Keterlaluan

Dikabarkan lantaran tindakan yang keteraluluan pada saat ospek  itu membuat sejumlah mahasisa pingsan. Perlakuan yang tidak menyenangkan ini menjadi perbincangan netizen di media sosial. Beredar kabar bahwa mahasiswa baru ini dilarang untuk makan, minum, istirahat, atau sholat selama menjalani Ospek.

Di salah satu akun twitter @sbmptnfess mengungkap bagaimana buruknya perlakukan panitia Ospek ini. Dan ciutan ini menjadi trending dengan mendapatkan 11.000 like dam 1.00 retweet.

Klarifikasi dan Permintaan Maaf

Menanggapi ramainya pembicaraan di interet, Untirta ini juga tidak tinggal diam. Pihak universitas akhirnya meminta maaf melalui akun instagram resminya. Permintaan maaf ini disampaikan oleh Presiden Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dari Untirta, Rico Hermawan.

Permintaan maaf tersebut disampaikan pada 10 Agustus 2022 lalu. BEM meminta maaf terkait tindakan yang keterlaluan tersebut dan disampaikan pada mahasiswa baru, orang tua dan mayarakat pada umumnya.

Terkait berita soal larangan  untuk makan, minum, istirahat, atau sholat selama menjalani Ospek.  Rico mengklarifikasi bahwa Panitia sudah menghimbau agar peserta sarapan terlebih dahulu sebelum mengikuti kegiatan Ospek.

Disarankan juga agar mahasiwa baru membawa bekal untuk makan siang saat waktu istirahat siang. Sedangkan waktu sholat, diklarifikasi sudah diberikan sesuai dengan jadwal istirahan yang berlangsung selama 2 jam dari pukul 11.00 hingga pukul 13.00

Profil Untirta

Untirta merupakan salah satu universitas yang ada di Jawa Barat. Unversitas ini termasuk masih baru di Indonesia dan sedang berkembang  dengan mengembangkan lebih banyak jurusan. Berikut profil singkat dari universitas ini.

Baca Juga :   Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Psikolog Forensik Hingga Pendidik Kesehatan

Awal Pendirian dan Perkembangan Untirta

Universitas ini berlokasi di Provinsi Banten, Indonesia. Awal pendirian dari Untirta dari sebuah Yayasn bernama Yayasan Pendidikan Tirtayasa. Pendiriannya pada 1 Oktober 1980. Nama universitas ini diambil dari basa Sansekerta Tirtayasa yang berarti air mengalir. Universitas ini banyak dikenal dengan nama Untirta.

Awal pendiriannya di tahun 1981 merupakan Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) . Lalu di tahun 1982 didirkan Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP).  Di tahun 1984, Sekolah Tinggi Teknik (STT) milik Yayasan Krakatau Steel Cilegon menggabungkan diri di bawah Yayasan Pendidikan Tirtayasa. Penggabungan ini sebagai persiapan berdirinya Universita Tirtayasa.

Universitas Tirtayasa Serang Banten ini merupakan gabungan dari STIH, STT dan STKIP. Dan melalui keputusan mendikbud sekolah tinggi ini berubah jadi Universitas. Di awal pendiriannya, Untirta ini sendiri memiliki empat Fakultas, yakni Fakultas Hukum, Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Untuk memenuhi kebutuhan di dunia pendidikan dan tuntutan masyarakat Banten, Untirta mengembangkan diri dengan menambah fakultas dan program studi dari tahun ke tahun. Di tahun 1989 didirikan Fakultas Pertanian dan Fakultas Ekonomi.  Kampus utama universitas ini ada di Serang. Sedangkan Kampus Fakultas Teknik ada di Cilegon. Dan Fakultas Keguruan ada di Ciwaru.

Perubahan Jadi Universitas Negeri

Sebagai universitas yang bermula dari Yayasan dan berstatus Swasata, Untirta berubah menjadi Universitas Negeri Sultan Ageng Tirtasaya. Melalui Keppres RI Nomor; 130/1999, Untirta mendapat persetujuan untuk persiapan perubahan menjadi universitas negeri.

Di tahun 2001, melalui Keputusan Presiden RI Nomor 32, Untirta resmi menjadi Perguruan Tinggi Negeri. Sejak itu universitas ini mengalami banyak perkembangan baik di bidang kelembagaan ataupun akademik.

Baca Juga :   Kegiatan MPLS SMP Islam 1 Ternate Resmi Dibuka Secara Tatap Muka

Program pendidikan yang tersedia di Untirta juga berkembang. Pada pendidikan akademik ada Program Pendidikan Sarjana (S1) dengan 6 fakultas. Lalu ada 1 Program Pendidikan Megister ( Pascasarjana).

 

Related posts