Mengenal Kelapa Genjah, Manfaatnya Untuk Menambah Penghasilan

Foto: Pexels/Nipananlifestylecom

JagatBerita.com – Presiden Joko Widodo pada Kamis (11/8/2022) lalu melakukan tinjaun penanaman kelapa genjah di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Penanaman di Sukoharjo ini merupakan persiapan dari industrialisasi kelapa genjah oleh pemerintah.

Disebutkan bahwa kelapa genjah ini dapat jadi penghasilan tambahan bagi masyarakat. Lalu apa itu kelapa genjah manfaat dan khasiatnya?

Apa Itu Kelapa Genjah?

Kelapa genjang ini adalah jenis kelapa dengan tinggi sekitar 12 meter. Tumbuhan berbatang pendek ini menghasilan buah kelapa berwarna hijau dengan ukuran paling besa 1.5 meter per butir.

Jenis kelapa ini akan mulai menghasilkan buah pada usia 2.5 hingga 3 tahun. Dalan satu tahun buah yang dihasilkan bisa sekitar 140 hingga 180 buah. Dengan perkiraan ini, pemerintah Indonesia merencanakan industrialisasi di desa tempat buah kelapa ini banyak di tanam.

Jenis Kelapa Genjah

Varietas kelapa genjah yang tumbuh di Indonesia ini ada beberapa. Dan semua jenis kelapa ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal yang bisa menghasilkan uang. Berikut beberapa jenis kelapa genjah.

Kelapa Genjah Hijau Kopyor

Kelapa ini banyak tumbuh di Kabupaten Pati Jawa Tengah, biasanya banyak dikonsumsi sebabagai kelapa kopyor. Jenis kelapa ini mampu menghasilkan buah per pohon per tahunnya  sekitar 120 hingga 140. Tanaman kelapa genjah Hijau Kopyor cukup mudah penanamannya. Jenis kelapa ini lebih tahan kekeringan dan mulai bisa menghasilkam buah setelah umur 4 tahun.

Baca Juga :   Presiden Jokowi Tunjuk Luhut Sukseskan Proyek Kereta Cepat Bandung Jakarta

Kelapa Genjah Entog Kebumen

Jenis kelapa ini banyak tumbuh di daerah Kebumen Jawa Tengah. Tanaman ini mampu menghasilkan buah 95 buah per pohon. Jenis kelapa ini lebih banyak dikonsumsi sebagai minuman, kadar kemanisan air buah 6% brix. Usia panennya pada umur 4 tahun.

Jenis Kelapa Genjah Salak

Jenis kelapa genjah ini banyak tumbuh di Kalimantan Selatan. Satu pohon kelapa ini bisa menghasilkan 80-120 buah. Kelapa ini mulai menghasilkan buah di usia 3 tahun. Kadar minyak dari kelapa ini mencapai 65%.

Kelapa Genjah Kuning Bali

Kelapa ini mampu menghasilkan buah sekitar 60-110 buah. Dan kadar minyak yang dihasilkan dapat mencapai 61%. Tanaman ini mulai bisa dipanen pada umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Raja

Jenis kelapa ini berasal dari Maluku Utara. Satu pohon kelapa ini mampu menghasilkan 70-120 buah dan kada minyak  yang dihasilkan dapat mencapai 66%. Usia panen untuk jenis kelapa ini pada usia umur 4 tahun.

Kelapa Genjah Pandan Wangi

Jenis kelapa ini tumbuh di wilayah Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Kelapa ini banyak dikonsumsi sebagai munuman dengan kandungan kemanisan air buah 6,25 % brix. Kelebihan jenis kelapa ini adalah aroma air dan daging buah muda yang wangi seperti pandan. Kelapa ini mampu menghasilkan buah 151 butir per pohon pertahunnya dan mlai bisa panen pada umur 3 tahun.

Manfaat Kelapa Genjah

Ada beberapa  manfaat yang bisa didapatkan dari kelapa genjah. Diantara manfaat dari tanaman ini bisa digunakan untuk menambah penghasilan. Berikut beberapa manfaat kelapa genjah ini.

Untuk Menambah Penghasilan dan Usaha Kecil

Menanam kelapa genjah memang membutuhkan waktu 2 – 4 tahun untuk mendapatkan hasilnya. Namun jika memiliki lahan luas dan jadi perkebunan, nantinya juga bisa dijadikan tambahan penghasilan. Beberapa manfaat yang didapat antara lain:

  • Diolah jadi minyak kelapa/VCO
  • Bahan Gula Semut
  • Bahan sabun alami
  • Olahan minuman dari kelapa
  • Kerajinan tangan dari batok kelapa
  • Bagian batang dan sabut bisa digunakan bahan dasar bubur kertas
Baca Juga :   10 Provinsi yang Memiliki perkebunan SawitTerbesar Di Indonesia!

Manfaat Untuk Kesehatan

Selain bisa digunakan untuk menambah penghasilan, kelapa genjah sendiri juga memiliki manfaat untuk kesehatan, khusunya air kelapanya. Berikut beberapa manfaat air kelapa genjah untuk kesehatan.

  • Air kelapa bisa digunakan untuk menetralkan racun dalam tubuh seperti alergi makanan dan lainnya.
  • Dapat digunakan untuk melancarkan buang air kecil
  • Dapat digunakan treatmen kecantikan kulit atau rambut
  • Digunakan untuk resep penahan nyeri air, dalam hal ini dicampurkan dengan gula aren

Related posts