Pilihan Warna Cat Tembok Bisa Pengaruhi Mood?

Foto Pexels/Blue Bird

JagatBerita.com – Sebagian dari kita mungkin tidak memikirkan terlalu dalam soal warna cat untuk ruangan, namun disadari atau tidak cat untuk ruangan ini mempengaruhi mood setiap hari. Jadi sebenarnya cukup penting untuk mempertimbangkan warna pilihan untuk cat di ruangan Anda. Untuk lebih jelas,berikut beberapa pilihan warna dan pengaruhnya pada mood.

Warna Ruangan dan Pengaruhnya Pada Mood

Seperti dikutip daro mymove.com ntuk mendapatkan warna yang tepat untuk ruangan yang digunakan sehari-hari, sebaiknya sebelum mengecatnya sebaiknya tanyakan pada diri sendiri suasana seperti apa yang diharapkan di ruangan tersebut.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa mengikuti panduan pemilihan warna cat tembok berikut ini:

Warna Kategori Efek Pada Mood Cocok Untuk Ruangan
Merah Warna yang intens Meningkatkan level energi, mendorong perasaan cinta, hasarat, marah dan kekuatan Ruang makan, ruang tamu, jalan masuk

 

Oranye Warna Energic Menumbuhkan kesenangan dan antusias Ruang olahraga, ruang bermain
Kuning Warna Kebahagiaan Menangkap kesenangan, mengkomunikasikan kebahagiaan Ruang tamu, kamar mandi, dapur, ruang makan
Pink Warna Cinta Berhubungan dengan cinta dan kebaikan, meningkatkan kreativitas Kantor, ruang tidur, ruang anak
Hijau Warna Kesegaran Membawa efek fresh, meredakan stress Ruang tidur, Ruang tamu, Dapur
Biru Warna Ketenangan Membawa efek tenang Ruang tidur, kamar mandi
Ungu Warna sophisticated Ungu tua untuk kesan canggih, ungu muda untuk kesan rileks Kamar tidur, Kantor, Ruang tamu
Cokelat Warna Tradisional Membawa kehangatan, elegan, natural Bisa digunakan dimana saja
Abu-Abu Warna Serba guna Membawa kenyamanan dan kehangatan, teka lekang oleh waktu, lebih modern Bisa digunakan dimana saja
Putih Warna Klasik Membawa suasana tenang, membuat ruangan terasa lebih luas Bisa digunakan dimana saja
Hitam Warna yang Berbeda Dapat membawa suasana suram jika digunakan penh, sebaiknya gunakan sebagai hiasaan atau aksen Bisa digunakan dimana saja

 

Warna Cat Tembok Paling Cocok Untuk Ruangan

Warna cat tembok yang cocok akan menambah suasana yang lebih menyenangkan. Warna cat juga membantu lebih bersemangat. Berikut beberapa warna yang cocok digunakan untuk ruangan tertentu.

  • Kamar Tidur – Hijau akan membantu meredakan stress. Biru cocok untuk menurunkan tekanan darah dan membantu menstabilkan pernafasan. Ungu muda memberikan perasaan rileks.
  • Ruang Tamu – Merah membantu meningkatkan andrenaline, pilihan yang bagus untuk meningkatkan kesenangan. Hijau bisa jadi pilihan yang meyegarkan. Biru dapat memberikan ketenangan dan suasana rileks.
  • Kamar Mandi – Kuning membawa energi menyenangkan di kamar mandi. Biru membawa perasaan rilek. Ungu muda memberi ketenangan.
  • Dapur – Kuning akan memberikan energi pada dapur. Hijau membawa perasaan naman. Biru muda akan memberi rasa nyaman. Ungi membawa suasana sophistication.
  • Ruang Makan – merah mendorong orang untuk melakukan percakapan yang penuh semangat. Kuning membara energi postif dan meningkatka nafsu makan. Ungu memberikan tampilan yang elagan dan mewah.

Warna Cat Tembok yang Perlu Dihindari

Ada beberapa warna cat yang mungkin cocok untuk satu ruangan tetapi tidak bagus untuk ruangan lainnya. Berikut beberapa cat yang  sebaiknya dihindari untuk ruangan tertentu.

  • Kamar Tidur – hindari warna orange yang membawa energi cerah dan bertentangan dengan ruang tidur. Hidari juga warna biru tua, terutama untuk ruangan yang tidak mendapat sinar matahari langsung.
  • Ruang Keluarga – hindari warna orange yang akan terlalu cerah untuk merasa santai.
  • Kamar Mandi – hindari warna merah yang akan terlihat terlalu mencolok untuk kamar tidur. Begitu juga hindari warna orange yang terlalu ceria.
  • Dapur – hidanri warna hitam yang akan membuat suasana terasa dramatis. Hindari juga warna cokelat yang tidak membangkitkan rasa lapar.
  • Ruang Makan – hindari warna biru yang membuat Anda merasa mengantuk dan enggan makan. Hindari juga warna hijau yang membuat Anda lebih berenergi dan jadi malas makan.
Baca Juga :   Daftar Makanan Dengan Kandungan Vitamin D Yang Baik Untuk Dikonsumsi

Related posts