Nostalgian Film Ada Apa Dengan Cinta ?, Kisah Rangga Sangat Membekas

Sumber : Google.com

JagatBerita.com-Film Ada Apa Dengan Cinta ? atau yang dikenal dengan AADC kembali diputar dalam stasiun TV Trans7 pagi ini 20 Agustus 2021 pukul 10.00 WIB. Pemutaran film ini sebagai salah satu dari tayangan Movievaganza Special Kemerdekaan. Film yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo yang berperan sebagai Cinta dan Nicholas Saputra yang berperan sebagai Rangga, hingga saat ini masih menjadi film nostalgia percintaan klasik remaja. Walaupun telah dirilis 19 tahun yang lalu, penonton dan penggemar tetap antusias untuk menyaksikan film ini.

Ada Apa dengan Cinta? merupakan sebuah film drama percintaan Indonesia karya Rudi Soedjarwo yang dirilis pertama kali pada tanggal 7 Februari 2002. Dikutip dari Wikipedia.com, Ada Apa dengan Cinta ? menceritakan kisah cinta di masa-masa SMA dengan menampilkan tokoh utama Cinta (Dian Sastrowardoyo) sebagai seorang gadis yang cantik, pintar, dan periang.  Cinta merupakan siswi langganan juara lomba puisi di sekolahnya yang rutin diadakan tiap tahun. Cinta memiliki sebuah geng yang sangat kompak bersama empat temannya yang lain, yaitu Alya (Ladya Cheryl), Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia).

Sumber : Google.com

Suatu hari seperti biasa juara perlombaan puisi tahunan  akan diumumkan. Seluruh siswa yakin Cinta yang akan menjadi juara. Namun justru pemenangnya tahun ini adalah Rangga (Nicholas Saputra). Karena Cinta dan teman-temannya adalah pengurus mading sekolah, ia harus mewawancarai Rangga. Namun Rangga adalah tipe laki-laki pendiam, penyendiri dan dingin. Saat Cinta berbicara dengan Rangga, ia melihat buku yang dipegang Rangga (buku Aku karya Sjumandjaja). Cinta lalu memberikan sebuah surat, tetapi ia malah membuat Rangga emosi dan tanpa disengaja bukunya terjatuh. Cinta segera memungut buku tersebut dan membawanya pulang untuk dibaca.

Baca Juga :   10 Fakta Menarik Tentang Kim Tae Ri

Kedekatan Cinta dan Rangga dimulai dari peristiwa buku tersebut, hingga pertemanan mereka menimbulkan benih-benih cinta.  Namun hubungan antara Cinta dan Rangga mulai merenggangkan pertemanan antara ia dan sahabat-sahabatnya. Dimulai dari cinta yang terlambat datang konser bersama karena jalan terlebih dahulu dengan Rangga, hingga puncaknya ketika Cinta tidak menjumpai Alya ke rumahnya karena akan berkencan dengan Rangga. Karena kencan tersebut,  Alya  ditemukan hendak bunuh diri dan dilarikan ke rumah sakit. Teman-teman Cinta kecewa dengan sikap Cinta dan kebohongan atas hubungannya dengan Rangga.

Akhirnya cinta menyesali perbuatannya dan meminta Rangga untuk menjauhi Cinta yang kemudian disanggupi oleh Rangga. Cinta selanjutnya meminta maaf kepada sahabat-sahabatnya atas kesalahpahaman tersebut.

Sumber : Google.com

Di bagian akhir cerita, Rangga berencana untuk pindah ke Amerika. Rangga telah mencoba menghubungi Cinta namun gagal karena Cinta sudah menjauhinya. Carmen salah seorang teman sekolah mereka yang melihat Rangga berpamitan kepada salah satu satpam sekolah segera mencari Cinta untuk mengabarkan kepergian Rangga. Cinta yang menyadari bahwa ia telah jatuh cinta kepada Rangga segera menyusul ke bandara bersama sahabat-sahabatnya. Perpisahan haru terjadi antara Rangga dan Cinta di bandara tersebut. Cinta harus rela melepas Cinta pertamanya terbang ke negeri yang sangat jauh. Bersama sahabat-sahabatnya Cinta kembali melanjutkan hidup.

Kisah ini sebenarnya merupakan kisah klasik dengan konflik percintaan di sekolah. Namun akting dan figur dingin, misterius dan sosok Rangga yang diam-diam memperhatikan Cinta, membuat penonton terbawa nuansa romantisme tersebut. Pada film Ada Apa Dengan Cinta ? kisah Rangga dan Cinta tampak menggantung dan penonton belum puas dengan akhir tersebut, sehingga dibuatlah sekuel film dengan judul Ada Apa Dengan Cinta 2. Film ini menceritakan pertemuan kedua antara Cinta dengan Rangga sekaligus menjadi jawaban dari rasa penasaran penonton.

Baca Juga :   Aurel Hermansyah Konfimasi Melalui Podcast AH Tentang Kehamilan Kedua Pasca Keguguran : Aurel Sempat Ingin Diet Ketat ?

Selain kisah cintanya yang membekas, film AADC juga diingat dari soundtrack-soundtrack lagunya yang hingga saat ini menjadi teman manis penggemar dalam beraktivitas. Sebut saja, Ada Apa Dengan Cinta, Suara Hati Seorang Kekasih, Denting dan banyak lagi. Ada Apa Dengan Cinta hingga generasi selanjutnya akan tetap menjadi film nostalgia tentang kisah cinta SMA.

Related posts