Dede Yusuf Soroti kesejahteraan Guru Yang Masih Belum Bisa Maksimal

Jagatberita.com – Kesejahteraan Guru khususnya guru honorer masih menjadi PR besar pemerintah. Terlebih guru-guru yang berada di wilayah pedalaman yang minim akses dan fasilitas.

Padahal profesi guru merupakan profesi yang paling dibutuhkan suatu negri. Tanpa pendidikan dan pengajaran seorang guru akan sulit tercipta peradaban manusia yan hebat.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf menyampaikan pendapatnya tentang kesejahteraan guru honorer.

Dede menerima berbagai macam keluhan dari guru honorer di akun media sosialnya.

“Butuh afirmasi. Suara keluhan kawan-kawan guru honorer yang mampir di IG saya, saya sampaikan ke Mendikbud pada saat Raker dng Mentri,” tulisnya di akun Instagram @ddyusuf66 pada Kamis, 30 September 2021.

Disebutkan Dede, guru honorer saat ini membutuhkan peningkatan kesejahteraan. Seharusnya rencana pemerintah membuka kesempatan rekrutmen 1 juta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) menjadi jalan meningkatkan kesejahteraan guru honorer.

Tapi banyak guru honorer dengan usia lanjut yang masih mengabdi, justru gagal dalam rekrutmen PPPK.

“Jujur saja, kita yang duduk di sini, produk guru honorer yang saat ini usianya diatas 50 tahun dan pendapatan Rp300-500 ribu,” ujar Dede saat di gedung DPR yang ia unggah videonya di akun TikTok @ddyusuf66.

Dede mengatakan ia dan bersama banyak pejabat lainnya, pasti setidaknya pernah dididik oleh guru honorer yang upahnya rendah dan belum bersertifikasi.

 

“Upah rendah dan belum bersertifikasi saja produknya sudah jadi pejabat besar. Apalagi jika pendapatan dan kesejahteraan mereka meningkat, pada 2045 dipastikan murid-murid jauh lebih hebat dari kita,” ujarnya.

Kemudian Dede menanyakan opsi yang tersedia antara kesejahteraan atau upgrading. Dede memilih meningkatkan kesejahteraan dulu.

“Kalau upgrading, upah Rp500 ribu, masih harus memikirkan bagaimana saya makan, belum laporan kerja, belum les-les, tentu akan sulit. Yang paling penting kesejahteraan dulu,” katanya lagi.

Baca Juga :   Wanita Ini Dapat Rejeki Nomplok 39 Miliar Dari Bersih-bersih Rumahnya

Oleh karena itu, Dede meminta Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi untuk menambah slot guru honorer dalam rekrutmen PPPK, dengan syarat afirmasi dengan melihat lama pengalaman bekerja.

Dengan demikian, guru-guru honorer yang sudah berusia lanjut, kesejahteraannya akan meningkat melalui PPPK.*

Semeru, USA Vs Netherlands, Pele Brazilian Footballer, Lewandowski, Virgil Van Dijk, England Vs Senegal, Marathon Singapore, Mount Semeru, Senegal Vs England, France Vs Poland, Mbappe, Depay, France Poland, Brazil, Robert Lewandowski, India At Bangladesh, Cody Gakpo, Poland World Cup, Hwang Hee Chan, Kylian Mbappé, Harry Kane, IND Vs BAN, Netherlands, England World Cup, Giroud, Netherlands Vs USA, France World Cup, Brazil Vs South Korea, World Cup Korea, Senegal World Cup, Tyson Fury, Keke Palmer, England Vs Senegal Prediction, Poland Vs France, Giroud France, South Korea Vs Portugal, Netherlands World Cup, Louis Van Gaal, Fortnite, England Vs Senegal Predictions, Argentina Australia, Memphis Depay, Japan Vs Croatia Prediction, Olivier Giroud, World Cup Teams, Japan Vs Croatia, Usa World Cup, Senegal, Brazil World Cup, Pele, Gakpo, England Vs France, UFC, Dumfries,